Berikut 4 Jenis Penyakit Menular yang Berbahaya di Dunia

By | May 18, 2018

Di dunia ini sebenarnya terdapat banyak sekali penyakit menular yang masuk ke dalam jenis penyakit berbahaya. Beberapa penyakit tersebut selain bisa dengan mudah menjangkiti orang di sekitar penderita bisa pula menyebabkan kematian. Sehingga mengetahui adanya fakta tersebut bisa terdorong untuk lebih menjaga kesehatan baik dengan gaya hidup maupun memperhatikan kebersihan lingkungan. Kesehatan memang tidak ada jaminan akan selalu bisa dinikmati bahkan oleh seorang dokter sekalipun, namun dengan memberi perhatian lebih setidaknya Anda terhindar dari penyakit berbahaya.

Berikut 4 Jenis Penyakit Menular yang Berbahaya di Dunia

Daftar Penyakit Berbahaya dan Menular

Meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap beragam jenis penyakit berbahaya dan bisa menular maka berikut adalah daftarnya:

  • Ebola,

Siapapun dijamin pernah mendengar penyakit bernama Ebola yang disebabkan oleh serangan virus. Penyakit yang menyerang kulit ini ternyata menjadi pembunuh nomor satu di dunia dan bisa menular. Hingga detik ini belum ditemukan vaksin yang bisa mengatasi Ebola sehingga musti waspada dengan jalan rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Kemudian hindari kemungkinan berkunjung ke tempat yang sudah terjangkit Ebola karena resiko tertular akan semakin besar.

  • Bubonic Plague,

Penyakit bernama bubonic plague ini juga tercatat sebagai penyakit menular dan mematikan di dunia. Apalagi tercatat di dalam sejarah penyakit satu ini mampu mengurangi populasi masyarakat Eropa di tahun 1348. Penularannya sendiri terjadi dari hewan tikus hitam yang membawa bakteri yersinia pestis, dan menular ke tubuh manusia lewat kutu yang hidup di tubuh tikus tersebut. Bakteri ini mampu membunuh korbannya hanya berselang 7 hari usai terjangkit. Presentasi kematian akibat penyakit yang bisa menular ini cukup tinggi, yakni mencapai 90-95%.

  • HIV,

HIV atau AIDS juga termasuk ke dalam penyakit berbahaya dan menular yang membuat takut masyarakat dunia. Penyebarannya sangat cepat dan diketahui ada banyak masyarakat Indonesia yang terjangkit penyakit ini. HIV sendiri disebabkan oleh virus yang nantinya akan merusak sistem kekebalan tubuh penderitanya. Sehingga secara perlahan akan kurus dan mudah mengalami masalah kesehatan. Kabar buruknya penyakit ini menular baik lewat kontak langsung dengan air liur, urin, dan cairan dari tubuh penderitanya. Paling sering penyebab penularannya adalah lewat hubungan seksual tanpa pengaman.

Baca juga Informasi Tentang Penyakit Menular Seksual yang Harus Diketahui Sejak Dini

  • Tuberkulosis,

Tuberkulosis juga menjadi penyakit yang dikenal mudah menular, dan disebabkan oleh bakteri bernama mikrobakterium tuberkulsa. Penyakit ini secara perlahan akan membuat penderitanya kehilangan berat badan, sering mengalami demam di waktu malam, batuk hingga batuk berdarah, dan tubuh yang lemas. Penanganan pada pasien musti hati-hati agar tidak mudah menular, sayangnya presentasi penderita untuk sembuh terbilang kecil. Oleh sebab itu disarankan melakukan tindakan preventif dari penyakit menular lewat vaksinasi, gaya hidup sehat, dan menghindari kontak dengan penderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *