Berikut Adalah 4 Penyebab Penyakit Liver yang Mesti Diwaspadai

By | March 1, 2018

Hati atau liver merupakan salah satu jenis organ yang berperan vital di dalam tubuh dan kerusakan pada organ ini bisa berdampak fatal. Sayangnya jumlah penderita penyakit liver ternyata tidaklah sedikit sehingga perlu dijadikan teguran bagi diri sendiri untuk melindungi organ vital ini. Apalagi peran dari organ hati ini memang sangatlah vital sebab membantu menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Sekaligus memproduksi antibodi alami untuk membantu tubuh melawan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut Adalah 4 Penyebab Penyakit Liver yang Mesti Diwaspadai

Penyebab Penyakit Hati

Organ hati yang telah rusak atau penyakit hati memang membutuhkan proses pengobatan yang tidak sebentar dan harus bertahap. Maka penting untuk melakukan tindakan preventif, salah satunya menghindari penyebab penyakit satu ini. Adapun penyebabnya adalah:

  • Adanya infeksi di dalam tubuh,

Virus hepatitis menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit pada liver dan berasal dari semua virus hepatitis tersebut, yakni hepatitis A, B, C, D, dan juga E. Virus ini mudah menular melalui makanan yang dikonsumsi maka penting sekali untuk memastikan menikmati makanan yang bersih. Cobalah terbiasa makan di rumah agar terjamin higienis.

  • Konsumsi minuman beralkohol terlalu sering,

Gaya hidup tidak sehat menjadi faktor utama yang menyebabkan penyakit liver dialami oleh seseorang. Salah satunya adalah kebiasaan minum minuman beralkohol yang terlalu sering sehingga menyebabkan organ hati menjadi berlemak. Hati yang berlemak riskan mengalami kelainan dan terjadilah penyakit pada organ tersebut dan parahnya merupakan penyakit hati akut. Maka kurangi dan segera hindari kebiasaan minum alkohol sekaligus membiasakan hidup sehat dengan olahraga dan konsumsi makanan berkualitas.

  • Adanya kelainan pada kekebalan tubuh,

Kekebalan tubuh atau imunitas tubuh setiap orang terbentuk secara alami bahkan ketika masih berkembang di dalam kandungan. Imunitas ini akan ikut berkembang seiring bertambahnya usia seseorang sehingga membantu mempertahankan tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. Sayangnya beberapa orang cenderung spesial dengan memiliki kekebalan tubuh yang rendah atau lemah. Selain mudah sakit penyakit musiman rupanya juga memicu terjadinya gangguan pada hati atau liver. Alhasil penderita liver ini sering dialami oleh mereka yang imunitasnya rendah.

Baca Juga 5 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Liver yang Bisa Diterapkan Sedini Mungkin

  • Bisa dipicu oleh faktor genetik,

Rupanya penyakit yang menyerang liver ini bisa mengikuti seseorang karena faktor keturunan, sebab ketika orangtua punya penyakit ini. Otomatis anaknya pun akan mengalami penyakit serupa sebab virus liver mengalir bersama aliran darah. Sehingga tanpa perlu menjaga kesehatan Anda sudah positif mengidap penyakit pada liver. Maka usahakan untuk memperhatikan riwayat kesehatan keluarga dan kenali jenis makanan maupun herbal yang membantu mencegah dan mengatasi penyakit ini. Sebab bagaimanapun juga mencegah penyakit liver jelas seribu kali lebih baik dibanding mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *