Berikut Beragam Jenis Penyakit Langka yang Harus Anda Tahu

By | October 5, 2018

Penyakit langka juga dikenal sebagai penyakit orphan adalah penyakit apa pun yang mempengaruhi sebagian kecil populasi. Kebanyakan penyakit ini bersifat genetik, dan hadir sepanjang hidup seseorang, bahkan jika tidak ada gejala langsung pada usia dini. Penyakit ini mempengaruhi sebagian kecil populasi. Kebanyakan penyakit ini bersifat genetik, dan hadir sepanjang hidup seseorang, bahkan jika gejala tidak segera muncul.

 Berikut Beragam Jenis Penyakit Langka yang Harus Anda Tahu

Penyakit atau gangguan didefinisikan sebagai langka ketika mempengaruhi kurang dari 1 pada 2000 warga. Penyakit yang langka ditandai dengan beragamnya gejala dan tanda yang bervariasi tidak hanya dari penyakit ke penyakit tetapi juga dari pasien ke pasien yang menderita penyakit yang sama. Gejala yang relatif umum dapat menyembunyikan penyakit ini yang mendasari, yang menyebabkan misdiagnosis. 

Berikut ini jenis penyakit langka yang dapat untuk Anda ketahui:

  • Penyakit addison.

Penyakit Addison adalah gangguan hormonal yang terjadi ketika korteks adrenal rusak dan kelenjar adrenal tidak dapat menghasilkan hormon steroid yang cukup kortisol dan aldosteron. Jika dibiarkan penyakit Addison yang tidak diobati dapat menyebabkan krisis Addisonian. Perawatan umumnya melibatkan terapi penggantian corticosteroid (steroid) seumur hidup.

  • Angioedema keturunan.

Angioedema herediter (HAE) adalah kondisi genetik serius yang jarang dari sistem kekebalan tubuh. Ini menyebabkan pembengkakan parah, terutama pada anggota badan, wajah, saluran udara, dan perut. Orang dengan HAE tidak memiliki atau memiliki tingkat rendah protein yang disebut C1 esterase inhibitor (C1-INH). Gejala angioedema herediter biasanya dimulai pada masa kanak-kanak dan memburuk selama masa pubertas.

  • Hypercholesterolemia Familial (FH).

Adalah gangguan warisan yang mengarah ke penyakit cardiovascular agresif dan prematur. Dua bentuk FH termasuk Hypercholesterolemia Familial (HeFH) dan Hypercholesterolemia Familial Homozygote (HoFH). Jenis FH yang paling serius adalah HoFH. Jika dibiarkan HoFH yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit jantung pada usia remaja awal dan kadang-kadang bahkan pada anak usia dini.

  • Hiperkalemia.

Hiperkalemia juga disebut sebagai kalium tinggi adalah peningkatan kadar kalium dalam darah Anda. Kalium adalah nutrisi penting dan ditemukan dalam makanan yang Anda makan. Kadar potassium yang sangat tinggi dalam darah dapat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah jantung yang serius. Beberapa gejala umum termasuk malaise, palpitasi, dan kelemahan otot. 

Baca dan simak juga artikel – artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Penyakit ini yang berbeda dan gangguan yang mempengaruhi lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia. Lebih Banyak Fakta dapat ditemukan mengenai penyakit yang masih tergolong langka. Penyakit lain seperti Kanker atau Alzheimer bukanlah penyakit ini secara keseluruhan tetapi bentuk-bentuk tertentu dari penyakit ini dianggap langka. Itulah ke 4 jenis penyakit langka yang dapat untuk Anda ketahui dan dapat menghindarinya.

Bagaimana informasinya cukup membantu bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *