Buah yang Sering Dimanfaatkan untuk Kecantikan Wajah

By | December 13, 2016

Khasiat bahan alami untuk pemanfaatan dalam bidang kecantikan sudah menjadi rahasia umum yang resepnya sering diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang. Di pasaran, banyak ditemukan masker dan bahan-bahan penunjang kecantikan lainnya yang diproduksi dengan memanfaatkan bahan alami untuk diolah sedemikian rupa agar lebih awet. Salah satu jenis bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk kecantikan adalah buah-buahan. Buah-buahan merupakan jenis makanan yang paling banyak khasiatnya bagi kehidupan, termasuk juga dalam hal kecantikan. Terdapat beberapa buah yang dimanfaatkan untuk kecantikan wajah, baik kulit luar atau kulit dalam. Berikut ini adalah beberapa buah yang dimanfaatkan untuk kecantikan.

  • Buah Pepaya

Sering mendengar istilah sabun pepaya? Ya, buah pepaya memang memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan karena dapat bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Buah pepaya banyak mengandung vitamin A, D, dan E yang sangat baik untuk kulit. Kandungan pada buah pepaya baik untuk mencegah penuaan dini. Cara untuk mempercantik diri dengan buah pepaya ada beberapa macam, yang pertama, bisa memakan langsung pepaya yang sudah matang karena memang bagus untuk kecantikan kulit dalam. kedua, dengan membuat olahan buah pepaya.

Pemanfaatan buah pepaya untuk kecantikan luar bisa dengan cara membuat masker wajah dengan bahan buah pepaya yang sudah matang. Caranya, kupas pepaya yang suadh matang dan haluskan dengan blender atau ditumbuk. Lulurilah seluruh bagian wajah kecuali kelopak mata dan bibir hingga merata. Pijatlah dengan lembut ketika meluluri wajah. Setelah ditunggu selama 15-20 menit, wajah bisa dicuci dengan menggunakan air hangat. Perawatan kecantikan wajah dengan buah pepaya ini bisa Anda terapkan setidaknya seminggu sekali.

  • Buah Pisang

Pemanfaatan buah pisang dalam hal kecantikan memang belum banyak dimanfaatkan. Padahal, pisang mengandung vitamin C dan B6 yang sangat bagus untuk menjaga elastisitas kulit. Buah pisang juga sering dimanfaatkan sebagai obat jerawat dan mengobatin alergi ringan pada kulit. Cara untuk mempercantik diri dengan buah pisang adalah dengan membuat masker dari buah pisang. Haluskan buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan ke wajah. Masker buah pisang berfungsi sebagai pelembab alami sehingga kulit wajah tidak akan terlihat kering. Buah pisang juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal dan melawan radikal bebas sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan. Antioksidan pada buah pisang juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain pemanfaatan di atas, buah pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mempercantik diri dengan cara dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya. Misalnya, dengan mencampurkan tumbukan buah pisang dengan perasan jeruk lemon. Campuran antara tumbukan buah pisang dan perasan jeruk lemon tersebut dapat menyamarkan bintik hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet.

Itulah beberapa buah yang dimanfaatkan untuk kecantikan wajah. Memiliki wajah yang cantik secara alami tentu akan menjadi kebanggaan setiap wanita sehingga akan mendongkrak rasa percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *