Cara Aman Minum Obat Tanpa Resep Dokter

By | April 29, 2018

Obat adalah salah satu cara yang digunakan manusia untuk sembuh lebih cepat dari sakitnya. Banyak obat yang dijual di tempat yang sudah memang digunakan untuk menjual obat ataupun bisa juga membeli obat di warung dan toko kelontong. Namun agar obat yang diminum dapat membuat Anda bisa lebih cepat sembuh, dianjurkan untuk menggunakannya dengan resep yang dokter sudah berikan. Jika membeli obat di warung, Anda tidak memiliki resep dokter yang tepat untuk menggunakannya.

Cara Aman Minum Obat Tanpa Resep Dokter

Resep dokter penting digunakan karena banyaknya takaran obat yang digunakan sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter yang ahli. Tanpa adanya resep bisa saja obat yang digunakan malah akan memperburuk keadaan orang yang memakainya. Oleh karena itulah, Anda harus berhati-hati dalam pemakaian obat-obat yang sering Anda gunakan. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, berikut beberapa cara meminum obat yang tidak memiliki resep dari dokter, antara lain:

  • Ibu hamil dan menyusui

Untuk ibu hamil dan menyusui ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tanpa resep dokter.

  • Selalu cek dan ricek

Periksalah terlebih dahulu apakah obat yang akan Anda gunakan tertulis larangan ataupun peringatan khusus yang ditujukan pada beberapa pengidap penyakit tertentu atau tidak. Jika Anda menggunakan obat yang ada resep dokter, maka sudah dipastikan Anda mengkonsumsi obat yang benar. Namun, jika Anda mengkonsumsi obat tanpa resep maka Anda diharuskan selalu memeriksa peringatan yang ada pada obat tersebut.

  • Patuhi petunjuk konsumsi

Meskipun tidak memiliki resep dokter, setiap obat yang dijual di toko pasti memiliki petunjuk penggunaannya. Anda harus menggunakan obat tersebut sesuai takaran yang tertera. Pastikan obat yang Anda gunakan sesuai umur dan tidak menyalahi aturan yang ada.

  • Catat

Pastikan anda mencatat setiap obat yang Anda minum tanpa resep dokter tersebut. Ini dikarenakan jika penyakit Anda bertambah parah, maka Anda bisa mendiagnosis obat mana saja yang tidak cocok dengan penyakit yang sedang Anda alami.

  • Jangan takut bertanya

Jangan takut untuk bertanya pada ahli farmasi tentang produk yang Anda gunakan. Karena tidak mungkin obat tanpa resep tersebut memiliki pengaruh yang tidak baik pada tubuh Anda nantinya.

  • Hindari makanan yang tidak perlu

Jangan meminum obat pada saat yang sama dengan makanan yang tidak sesuai dengan obat tersebut, terkecuali jika ada resep yang mengiringinya. Hindari meminum minuman bersoda apalagi minuman keras. Karena dengan Anda menggunakan obat dan makanan yang salah pada saat bersamaan akan membuat kerja dari obat tersebut berubah. Bukan tidak mungkin akan menimbulkan penyakit yang lain pada diri Anda.

Simak juga Mengobati Batuk Berdahak dengan Resep Tradisional

Obat memang bisa untuk menyembuhkan penyakit jika sesuai dalam hal penggunaannya. Jika Anda menggunakan obat tanpa resep dokter, Anda harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *