Cara Ampuh Mengobati Sakit Pinggang

By | October 27, 2018

Sakit pinggang adalah rasa sakit yang terjadi di wilayang pinggang bagian bawah dan dapat juga menjalar pada bagian kaki terutama bagian samping luar dan sebelah belakang. Masalah sakit pinggang adalah sakit yang sering di alami oleh setiap orang. Bahkan sakit pinggang adalah sakit kedua setelah mengalami sakit kepala yang hebat.

Cara Ampuh Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat terjadi karena sisebabkan oleh beberapa faktor, penyebab utama timbulnya sakit tersebut adalah ketegangan otot dalam tubuh anda. Hal ini bisa terjadi karena gerakan pada bagian pinggang yang terlalu mendadak. Berikut ini beberapa cara dalam mengatasi sakit pada bagian pinggang.

  • Menjaga pola makan yang banyak mengandung kalsium

Sakit pinggang yang pernah di alami dapat terjadi karena anda kurang menjaga pola makan. Sakit tersebut dapat di hindari sebelum rasa sakit tersebut muncul kembali. Kandungan kalsium dapat membantu membentuk tulang yang kuat dan menjaga terkena osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada bagian yang disebutkan diatas belum terlalu parah, biasakan sejak dini selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga dapat dijadikan sumber kalsium asalkan cara memasaknya dengan di presto.

  • Terapi panas

Untuk nyeri pada bagian tersebut jika sudah terlalu parah, maka salah satu jalan yang dilakukan adalah melakukan terapi panas yang di anjurkan oleh dokter. Melakukan terapi tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan kawatir, anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Cukup siapkan bekas botol kaca sirup yang tidak terpakai lalu isikan air yang setengah anget. Lalu tempelkan secara perlahan pada bagian yang sakit. Lakukan berulang kali dengan gerakan searah pada bagian yang sakit.

  • Minyak oles

Ketika sakit pinggang mulai kambuh, cara awal yang dilakukan sebagian orang yang lebih tua adalah dengan mengoleskan minyak yang dipercaya dapat meredakan sakit. Walaupun teori tersebut tidak ada yang menjelaskan bahwa benar atau tidaknya, namun jika diterapkan memang dapat meredakan sakit yang anda alami. Minyak yang digunakan tidak boleh sembarangan. Minyak tersebut biasanya mengandung panas jika dioleskan pada bgian kulit. Jika tips yang ini dapat mengobati sakit anda, ada baiknya tambahkan parutan jahe agar lebih menghangatkan dan mengurangi ketegangan pada otot tubuh.

Baca juga: 6 Faktor Resiko Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Diwaspadai

  • Bawang putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang kaya akan manfaat salah satunya dapaat meredakan sakit punggung dan pinggang. Cara yang dilakukan adalah panaskan minyak kelapa atau minyak wijen bersama 8 siung bawang putih, selama kurang lebih 1 sampai 2 menit. Lalu diamkan agar diam, setelah itu pijat pada bagian yang sakit.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tips cara mengobati sakit pinggang. Semoga tips diatas dapat anda lakukan dan diterapkan pada kehidupan sehati-hari anda untuk meredakan sakit yang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *