Cara Ampuh Mengurangi Nafsu Makan untuk Menjaga Berat Badan

By | April 27, 2018

Berat badan yang seimbang dan ideal akan memberikan rasa percaya diri yang semakin tinggi pada siapa saja yang memilikinya. Selain itu dengan berat badan proporsional, kesehatan tubuh akan semakin terjaga sehingga terhindar dari berbagai resiko penyakit khususnya yang datang karena kegemukan. Akan tetapi untuk memiliki berat badan ideal, Anda harus bisa mengatur pola makan. Sering kali nafsu makan yang kurang terkontrol menjadi musuh utama sehingga berat badan yang tadinya sudah ideal menjadi bertambah dan bertambah.

Cara Ampuh Mengurangi Nafsu Makan untuk Menjaga Berat Badan

Rasa ingin selalu makan makanan ringan menjadi penghalang utama untuk berbagai program diet yang dilakukan. Keinginan untuk makan ini bisa timbul bahkan setelah Anda makan makanan utama ataupun di malam hari setelah makan malam. Meski yang Anda makan adalah makanan ringan namun kalori yang ditambahkan belum tentu diperlukan sehingga menumpuk menjadi lemak di dalam tubuh. Lemak tersebut akan semakin menambah berat badan Anda disamping membuat penampilan menjadi kurang menarik. Untuk itu diperlukan cara agar Anda bisa menahan keinginan untuk makan diluar jadwal makan yang dianjurkan oleh dokter ataupun pakar terapis diet Anda.

Menahan rasa ingin ngemil memang tak mudah, namun berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan nafsu makan yaitu:

  • Hindari pandangan pada makanan.

Sebagaimana sering terjadi, keinginan untuk makan sering timbul jika Anda melihat makanan-makanan enak apalagi yang menjadi favorit. Karena itu hindarilah mengunjungi toko makanan karena pasti akan membuat Anda ingin mengkonsumsinya. Selain itu hindari menyimpan banyak makanan di kulkas agar Anda tak tergiur ketika membuka lemari pendingin Anda.

  • Perbanyak konsumsi air putih.

Untuk menghindari rasa ingin makan, usahakan perut Anda terasa kenyang dengan mengkonsumsi air putih. Selain mengenyangkan, konsumsi air putih dalam jumlah banyak juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan agar proses detoksifikasi berjalan dengan baik. Selain air putih, Anda juga bisa mengganjal perut dengan konsumsi buah yang tidak mengandung gula.

  • Sibukkan diri Anda.

Cara mengabaikan rasa ingin makan diluar jadwal makan adalah dengan menyibukkan diri untuk melakukan sesuatu yang produktif dan menyenangkan. Dengan begitu Anda akan melupakan rasa ingin makan apalagi jika sebenarnya Anda tak merasa lapar.

Simak juga Ini Dia Kebiasaan yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Agar Berat Badan Bertambah

Selain mengontrol nafsu makan dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa menerapkan jadwal makan secara seimbang pada diri Anda. Makan sehari 3 kali di waktu yang tepat dengan menu makanan lengkap dan seimbang sehingga mengurangi rasa lapar yang bisa timbul di luar jadwal makan. Konsumsi air putih dan buah di luar jam makan diperbolehkan selama tidak mengandung unsur gula yang juga bisa menambah berat badan Anda. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan berat badan yang selalu ideal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *