Cara Memilih Cream Herbal Pemutih yang Aman untuk Wajah

By | November 23, 2016

Wanita Indonesia yang sebagian besar memiliki kulit kecoklatan ingin memiliki kulit putih dan bersih. Banyak cream pemutih yang digunakan, baik itu cream berbahan kimiawi maupun cream herbal. Akan tetapi apakah cream berbahan herbal yang beredar di pasaran memang benar-benar aman? Atau cream tersebut adalah cream kimia yang berkedok cream berbahan herbal. Oleh karena itu, konsumen perlu berhati-hati, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan ciri-ciri cream yang aman bagi kulit berikut ini:

  1. Tekstur dan Bau Cream

Untuk membedakan apakah cream kulit yang digunakan aman atau tidak adalah dengan memeriksa tekstur krim tersebut. Cream herbal yang aman biasanya tidak lengket serta memiliki bau yang natural dan tidak terlalu menyengat. Cream berbahan herbal yang aman mempunyai warna yang stabil karena bahan-bahan alami yang digunakan bisa tercampur dengan sempurna.

  1. Komposisi Cream

Cream pemutih yang baik dan aman tentunya adalah cream yang mengandung bahan atau komposisi yang baik. Perhatikan komposisi yang terkandung dalam cream. Jangan sampai karena lergi terhadap suatu bahan, kulit pun menjadi semakin buruk keadaannya. Oleh karena itu, hindari cream apabila mengandung bahan yang dapat menimbulkan alergi pada kulit.

  1. Perhatikan Harga Cream

Mayoritas masyarakat tentunya menyukai harga yang murah, akan tetapi harga murah belum tentu aman untuk digunakan. Apalagi jika ada cream pemutih dengan harga murah dan berlabel berkualitas, tentunya akan bisa menarik perhatian para konsumen agar membeli produk tersebut. Namun, jika dipikir ulang, tentunta tidak mungkin jika produk yang bagus memiliki harga yang murah, bahkan tidak mungkin pula jika harganya di bawah rata-rata. Oleh karena itu, apabila ada cream pemutih, namun memiliki harga yang murah meriah haruslah diwaspadai.   

  1. Cek Ijin BPOM

Setiap obat yang beredar di Indonesia memiliki kewajiban untuk mendaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk memastikan keabsahan serta keamanan produk tersebut. Produk yang belum lolos atau belum memiliki ijin BPOM tentunya wajib dipertanyakan produknya, karena bisa jadi produk tersebut tidak aman dan berbahaya bagi kulit. Cara untuk mengeceknya pun tidaklah sulit, karena sekarang ini sudah tersedia website BPOM sehingga bisa dicek secara online.

  1. Membandingkan Herbal Alami atau Kimiawi

Memilih cream pemutih yang bagus dan tepat memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, konsumen harus jeli sebelum membeli. Tak ada salahnya untuk bertanya pada teman atau saudara mengenai produk tersebut, atau bisa juga mencari informasi via internet mengenai produk tersebut. Sebisa mungkin jangan menggunakan produk impor yang tidak memiliki BPOM karena bisa membahayakan. Hati-hati pula dengan produk yang mengandung merkuri serta hydroquinon. Sebaiknya gunakan produk cream yang berbahan herbal tradisional yang jelas bahan serta produsennya.

Beberapa langkah di atas bisa dilakukan untuk meneliti cream herbal pemutih sebelum membeli. Jika ingin membeli, sebaiknya pilih yang kandungannya jelas, seperti cream yang terbuat dari mentimun, gamat, zaitun, vco, dan bahan herbal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *