Cara Mengatasi Batuk Berdahak yang Tepat pada Bayi

By | January 12, 2018

Batuk merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh siapa saja bahkan oleh bayi. Ada jenis batuk yang berdahak dan ada yang tidak berdahak atau kering. Jika pada orang dewasa batuk bisa disembuhkan dengan lebih mudah menggunakan obat batuk, maka pada bayi harus sesuai dengan anjuran dokter karena kandungan obat batuk, seperti untuk batuk berdahak, tidak sesuai untuk bayi.

Untuk mengatasi bayi yang mengalami batuk yang berdahak, maka Anda sebaiknya memberikan minuman yang banyak. Anda dapat memberi anak Anda ASI, susu formula, air putih, kuah kaldu, kuah sop atau yang lainnya sesuai dengan usia anak. Dengan banyaknya cairan yang masuk ke tubuh dan kebutuhan cairan tercukupi membuat dahak akan menjadi lebih encer. Hal yang menjadi kendala adalah mengeluarkan dahak pada bayi agar tidak membuat bayi tidak nyaman dalam waktu yang panjang. Untuk mengeluarkan dahaknya maka Anda harus mengencerkan dahak terlebih dahulu.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak saat bayi mengalami batuk berdahak adalah:

  • Memberikan minuman seperti ASI atau cairan lainnya sesuai dengan usia anak Anda.
  • Hangatkan badan bayi di bagian dada misalnya dengan mengajak berjemur di jam 06.30-07.00 selama 10-15 menit atau memberikan sedikit parutan bawang merah.
  • Gunakan minyak kayu putih atau sedikit parutan bawang merah di bagian dada dan sekitar leher agar timbul rasa hangat.
  • Berikan juga uap hangat yang bisa dihirup agar dapat melegakan pernafasan. Anda bisa menggunakan baskom berisi air hangat lalu diberi beberapa tetes minyak kayu putih kemudian meletakkannya di dekat bayi sehingga uap bisa dihirup.

Untuk mengeluarkan dahaknya, saat Anda memberikan uap dari air hangat yang diberi beberapa tetes minyak kayu putih tersebut, posisikan bayi Anda dengan posisi tengkurap. Anda bisa memangkunya agar bayi merasa lebih nyaman. Posisikan bayi dengan bagian kepala lebih rendah dari badan sehingga dahak yang encer tersebut bisa keluar dari dalam. Jika perlu, berikan tepukan pelan dan lembut pada punggung di bagian kanan dan kiri.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan suction berbahan karet untuk mengeluarkan dahak. Alat ini akan menyedot dahak yang tertinggal di hidung ataupun di tenggorokan. Cara menggunakan suction adalah dengan memasukkan ujung alat ke liang hidung kemudian pencet dan tarik sehingga dahak akan tertarik. Jika batuk berdahak tidak kunjung sembuh, pastikan jika Anda mengunjungi dokter saat:

  • Batuk disertai demam yang lebih dari 3 hari belum sembuh.
  • Batuk yang belum sembuh bahkan setelah 3 minggu.
  • Batuk yang berdahak yang dialami tersebut disertai dengan adanya sesak nafas dan atau mengi atau wheezing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *