Cara Menghindari Penyakit Menular

By | October 29, 2018

Cara penularan penyakit berbahaya secara langsung adalah cara penularan penyakit menular akibat adanya kontak langsung dengan penderita, baik itu orang maupun binatang. Salah satu upaya untuk mencegah adanya penularan adalah dengan cara menghindari terjadinya kontak langsung. Jenis penyakit yang ditularkan juga beragam seperti jenis penyakit kulit ataupun yang lainnya.

Cara Menghindari Penyakit Menular

Sedangkan penyakit menular yang tak langsung adalah cara penularannya melalui media seperti udara, makanan atau yang lainnya. Berikut ini beberapa jenis penyakit menular dan cara menghindarinya yang dapat membantu anda untuk selalu antisipasi.

  • Penyakit seks

Penyakit menular yang satu ini adalah penyakit yang mematikan. Tidak ada obat yang mampu memusnahkan virus yang terdapat dalam penyakit tersebut. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya seks bebas dan ganti-ganti pasangan. Bagi pasangann yang memiliki resiko seks tinggi, salah satu upaya yang dilakukan agar tidak tertular penyakit yaitu dengan cara menggunakan kondom. Kondom dapat mencegah perpindahan bakteri atau virus menular dari pasangan yang mempunyai resiko seks tinggi.  Penggunaan kondom juga tidak boleh sembarangan, hanya 1 kali pakai lalu di buang.

  • Hati-hati dengan hewan

Penularan penyakit bukan hanya terjadi ketika adanya kontak antara orang ke orang. Tapi dapat juga melalui hewan ke manusia. Jika memiliki hewan peliharaan, cara pencegahan penularan penyakit berbahaya dapat dilakukan suntikan vaksin pada hewan tersebut. Karena beberapa hewan yang mengalami sakit dapat menularkan segala jenis penyakit yang berbahaya seperti flu burung, rabies dan jenis penyakit kulit.

  • Jangan berbagai barang

ada baiknya jangan suka berbagai barang-barang pribadi seperti sikat gigi, handuk pisau cukur, sapu tangan dan sebagainya. Karena berbagi dengan alat tersebut bisa menjadi sumber penularan penyakit yang berbahaya. Hindari juga minum dan makan dengan wadah yang samasebelum kita benar-benar yakin bahwa sesorang tersebut terhindar dari penyakit menular.

  • Perhatikan kesehatan makanan

Makanan yang sehat akan membawa dampak yang baik bagi tubuh, demikian juga pada makanan yang tidak mengetahui kesehatan dan kebersihan maka akan membawa dampak negatif. Seperti halnya dapat membuat anda mudah sakit karena memakan makanan tersebut. Bahaya yang ditimbulkan dari setiap makanan juga berbeda seperti sakit perut, bahkan makanan yang mengandung pewarna kain akan membuat timbulnya sakit kanker.

Baca juga: Informasi Tentang Penyakit Menular Seksual yang Harus Diketahui Sejak Dini

Untuk mencegah tertularnya penyakit berbahaya juga dapat dilakukan dengan memperhatikan kebersihan masakan dan alat masak. Penyakit sering muncul dari persiapan makanan yang buruk. Ada baiknya perhatikan kematangan dari masakan anda dan pastikan kuman dan bakteri yang ada didalamnya benar-benar mati.

  • Tidak keluar rumah ketika sakit

Tips yang satu ini cukup penting untuk anda perhatikan, jika kesehatan sedang menurun disarankan untuk beristirahat dengan cukup dan tidak keluar rumah. Karena udara yang tidak sehat saat di luar ruangan akan membuat anda tambah sakit. Selalu pakai masker untuk menghindari adanya penularan dengan orang lain

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencegah penyakit menular. Semoga bermanfaat kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *