Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Benar

By | July 31, 2018

Hal yang paling ditakutkan oleh penderita penyakit diabetes adalah terjadi luka pada tubuh si penderita, hal ini dikarenakan membutuhkan obat luka diabetes yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu yang lama dalam perawatan lukanya. selain itu luka pada penderita diabetes bisa menyebar dan menginfeksi bagian tubuh yang lain.

Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Benar

Mengapa demikian ? karena luka yang terjadi pada penderita diabetes akan sangat berbeda dengan luka yang dialami oleh orang normal. Penderita diabetes sudah kehilangan kemampuan untuk bisa memberikan obat luka diabetes secara alami yang dimiliki tubuh dikarenakan kadar gula darah dalam tubuh mereka sudah tidak terkontrol.

Melihat dampak luka diabetes yang cukup mengkhawatirkan maka sebisa mungkin jangan sampai si penderita mengalami luka meskipun itu hanya luka kecil. Namun jika memang sudah terlanjur maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain merawat luka tersebut dengan baik dan benar agar tidak memberikan efek buruk pada bagian tubuh yang lain.

Di bawah ini akan dijelaskan cara mengobati luka diabetes dengan benar yaitu :

  • Menghentikan pendarahan

Apabila terjadi luka pada bagian tubuh penderita diabetes dan terjadi pendarahan maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan tersebut dengan cara menekan pada bagian tubuh yang terluka dengan kasa steril sampai darah berhenti mengalir.

  • Bersihkan luka

Setelah memastikan pendarahan berhenti maka langkah selanjutnya adalah membersihkan luka tersebut dari kotoran ataupun debu pastikan luka sudah benar-benar bersih.

  • Gunakan antiseptic

Obat luka diabetes yang bisa digunakan untuk menangani luka pada penderita diabetes adalah antiseptic. Ini penting untuk mencegah bakteri dan kuman menyebar ke jaringan tubuh yang lainnya.

Baca juga: ‘KERSEN’ Obat Alami Atasi Diabetes

  • Balut luka

Penting untuk membalut luka pada penderita diabetes untuk menghindari luka terkena debu atau kotoran yang lainnya. Balut menggunakan perban dan harus sering dibersihkan untuk menghindari infeksi. Obat luka diabetes  berupa salep dan norit perlu ditaburkan ke dalam luka sebelum dibalut lagi agar luka bisa lebih cepat kering.

  • Mengontrol Luka

Langkah terakhir yang diperlukan untuk mengobati luka diabetes adalah dengan mengontrol luka, bisa dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan orang lain maupun dokter. Mengontrol luka disini maksudnya adalah mengecek keadaan luka setiap hari dan memastikan tidak terjadi infeksi pada luka tersebut. Apabila luka diabetes masih basah maka perlu untuk terus dibalut dengan perban untuk menghindari luka terkena debu atau kotoran yang bisa menginfeksi luka menjadi lebih parah. Namun apabila luka sudah kering maka tidak perlu lagi diperban justru alangkah baiknya apabila di angin-anginkan supaya luka semakin cepat kering.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk obat luka diabetes dengan benar, apabila memiliki kesulitan alangkah baiknya apabila berkonsultasi dengan dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *