Cara Mengobati Patah Tulang Dengan Tepat

By | October 7, 2018

Patah tulang sangat berpotensi membuat seseorang terhalangi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, apalagi tulang yang patah merupakan tulang yang sangat berperan untuk menopang tubuh misalnya tulang paha, kaki atau bahkan tulang belakang. Biasanya ketika patah pada bagian tulang tersebut cara penyembuhan atau penyambungannya sangat memakan waktu.

Dalam penyambungan patah tulang tersebut tergantung pada tingkat keparahannya. Ketika patah pada bagian jari-jari kaki biasanya akan membutuhkan beberapa minggu. Berikut ini beberapa cara yag dilakukan agar cepat memproses penyambungan tulang.

Cara Mengobati Patah Tulang Dengan Tepat

  • Tingkatkan asupan kalsium

Kalsium dipercaya akan nutrisi yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat, kalsium tersebut diserap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Peningkatan asupan kalsium tersebut akan membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang. Kalsium ini anda bisa dapatkan dalam produk susu, sayuran, buah-buahan ataupun suplemen yang tersedia di apotek. Perbanyalahlah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat terutama kalsium.

  • Pemijatan

Pemijatan sangat bermanfaat bagi tubuh ketika sedang merasa capek. Melakukan pemijatan dipercaya akan membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. namun pemijatan yang dilakukan pada bagian tulang yang patah sebenarnya sangat tidak dianjurkan oleh dokter karena dapat membahayakan tulang tersebut. Ada baiknya sebelum melakukan pemijatan minta saran ke dokter terlebih dahulu. Boleh melakukan pemijatan asalkan pada orang yang sudah ahli pada hal tersebut agar menghindari adanya salah saraf.

  • Balut dengan papan

Ketika saat terjadi kecelakaan dan mengakibatkan patah tulang. Langkah awal atau penanganan pertama yang dilakukan adalah membalutkan papan pada bagian anggota tubuh yang mengalami patah. Langkah tersebut agar mengurangi rasa sakit yang di rasakan dan agar tulang yang patah tersebut tidak mengalami keparahan. Tips yang satu ini dapat anda beritahukan kepada orang yang belum mengerti dengan langkah awal dalam penanganan tulang yang patah.

  • Pergi ke rumah sakit

Tips yang keempat adalah pergi ke rumah sakit. Jika terjadi hal tersebut tentu orang-orang yang ada disekitar kita akan menyarankan pergi ke rumah sakit agar dapat mendapat penanganan pertama kepada sang ahli. Biasanya jika berobat ke rumah sakit maka akan mendapat penanganan untuk melakukan operasi agar tulang yang patah segera menyambung dengan sedia kala. Tetapi sebelum dilakukan operasi, pihak rumah sakit akan menyarankan untuk tes laboratorium untuk mengetahui tingkat keparahan.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

  • Terapi panas

Pemanasan pada daerah tulang yang retak atau patah akan membantu meningkatkan aliran darah dan kemudian akan membantu memperbaiki tulang. Anda bisa melakukannya di rumah dan berbagai cara, baik menggunakan handuk hangat ataupun botol kaca yang diisi dengan air panas. Kedua cara tersebut sama saja asalkan dalam menggunakannya searah dengan aliran darah.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengobati patah tulang, semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *