Cara mengobati Saki Gigi Secara Alami

By | October 31, 2018

Sakit gigi memang membuat seseorang kelimpungan atau susah makan yang berujung kelaparan. Apalagi sakit yang menyerang gigi ini membuat Anda merasa tidak nyaman, karena gigi yang sakit berkedut-kedut. Mau makan susah, mau minum pun juga cukup susah.

Cara mengobati Saki Gigi Secara Alami

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang atau ketika gigi hendak tanggal yang biasanya terjadi pada anak-anak. Nah, bagi Anda yang sering mengalami sakit pada gigi, berikut ini obat alami yang dapat Anda coba untuk meredakan sakit tersebut.

  • Garam

Garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi mampu membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam dapat menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat kemduian aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi supaya bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

  • Lemon

Asam dalam lemon berfusngi sebagai alkali alami supaya kadar pH dalam mulut seimbang. Lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur 3 ali sehari supaya bakteri benar-benar hilang.

  • Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga sangat efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut. Sehingga kesehatan mulut Anda akan terjaga. peras 2 buah jeruk nipis, lalu campurkan dengan segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi yang Sering Diderita Seseorang

  • Belimbing Wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berfungsi sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut. Caranya yaitu dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan tersebut lalu dioleskan pada bagian gigi yang sakit.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata juga berguna sebagai antibakteri untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena memiliki antibakteri, analgesi yang kuat dan antiiflamasi. Cara penggunaannya adalah mengunyah jambu biji, atau dapat direbus dengan segelas air kemudian untuk berkumur.

  • Daun Sirih

Daun sirih berfungsi sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut serta sebagai antiseptik alami. Anda dapat menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur.

  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua bawang tersebut mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah atau bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

  • Jahe

Jahe juga dapat dijadikan obat guna meredakan sakit gigi Anda. Terdapat kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya yaitu dengan memarut 1 buah jahe kemudia peras airnya. Gunakan perasan jahe untuk berkumur.

Demikian, beberapa pilihan obat alami untuk meredakan sakit gigi Anda yang tentunya aman, ampuh, dan berkhasiat. Selain mudah didapat, obat-obat alami tersebut juga memiliki harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *