Cara Merawat Luka Lecet Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

By | September 16, 2018

Merawat Luka merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan apabila keluarga atau bahkan kalian sendiri sedang mengalami luka. Perlu kalian ketahui bahwa luka sendiri memiliki berbagai jenis antara lain seperti luka bakar, luka serius, luka sedang dan juga luka ringan seperti lecet. Dan dari berbagai jenis luka tersebut tidak semua luka bisa kalian tangani sendiri jika luka tersebut tergolong luka yang serius maka ada baiknya apabila langsung dibawa ke dokter.

Cara Merawat Luka Lecet Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Dan untuk luka ringan seperti lecet dan yang lainnya maka kalian bisa mengobatinya sendiri dirumah menggunakan perlengkapan P3K yang tersedia di rumah. Biasanya yang sering mengalami luka lecet ini adalah anak anak. Karena memang ketika masih anak anak  mereka sangat senang sekali bermain dan terkadang ketika bermain mereka kurang berhati hati. Dan hal tersebut sering membuat mereka terjatuh dan terluka.

Dan apabila hal tersebut terjadi maka kalian sebagai orang tua harus bisa mengobati luka lecet  yang diderita oleh anak anda. dan bagi kalian para orang tua mungkin kalian menganggap bahwa mengobati luka itu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal hal tersebut adalah anggapan yang salah. Karena pasalnya merawat luka lecet itu bukan merupakan masalah yang sulit untuk ditangani.

Yang kalian perlukan hanyalah air bersih dan juga perlengkapan P3K. Dan bagi kalian yang belum mengetahui mengenai cara merawat luka lecet maka berikut ini akan saya berikan sedikit informasi mengenai cara merawat luka lecet dirumah. Hal pertama yang perlu kalian lakukan sebelum membersihkan luka lecet adalah membersihkan tangan kalian menggunakan sabun.

Setelah tangan kalian bersih maka kalian bisa langsung membersihkan luka dari berbagai kotoran yang menempel mmenggunakan air atau cairan antiseptic hingga luka tersebut bersih dari kotoran. Selanjutnya kalian bisa mengoleskan antibiotic ke luka agar luka tersebut tetap dalam kondisi lembab dan bisa mempercepat penyembuhan. Selain itu penggunaan antibiotic juga berguna untuk mencegah infeksi.

Tutup luka menggunakan kain kasa dan kalian harus rutin mengganti kain kasa tersebut setiap hari hingga luka tersebut sembuh. Ada baiknya kalian menghindari penggunaan alcohol, yodium dan yang lainnya.  usahakan untuk menghindarkan luka dari paparan sinar matahari langsung dan juga hindari penggunaan salep atau jenis obat lain kecuali memang dianjurkan oleh dokter. Dan jika pada luka kalian terdapat memar maka kalian bisa mengkompres luka kalian menggunakan es.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Itu tadi beberapa cara merawat luka lecet yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Dan pastinya setelah mengetahui berbagai informasi mengenai cara merawat luka tersebut akan membuat kalian semakin percaya diri untuk mengobati luka sendiri di rumah. Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan semoga informasi tadi bisa bermanfaat buat kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *