Cara Pencegahan Penyakit Berbahaya Ebola yang Sangat Mematikan

By | August 29, 2017

Salah satu hal yang paling mengerikan di dunia ini adalah terkena penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit mematikan tersebut mempunyai banyak sekali jenisnya yang ada dan telah menewaskan banyak orang. Salah satu dari penyakit berbahaya yang ada di dunia dan sangat ditakuti oleh masyarakat adalah Ebola. Penyakit ini telah menewaskan ribuan orang masyarakat yang ada di daerah Afrika Barat. Penyakit ini sangat berbahaya dan menular ini mempunyai akibat yang sangat fatal yaitu kematian hingga 90 persen lebih untuk penderitanya. Terlebih dengan belum ditemukannya vaksin dan obat dari penyakit ini, sehingga masyarakat sangat was-was dibuatnya.

Ada banyak jenis penyakit yang ada baik dari itu virus, bakteri, pola hidup, dan masih banyak lainnya. Untuk Ebola ini sendiri merupakan sebuah penyakit diakibatkan oleh virus dimana pertama kalinya diduga dari kelelawar buah dan ditemukan pertama kali di Kongo, salah satu negara Afrika. Dimana penyakit yang berbahaya ini dapat menular kepada manusia dari berbagai cara yang ada. Cara penularannya adalah dari darah, muntah, fesses, hingga cairan tubuh sehingga bisa untuk menularkan kepada manusia lainnya. Bahkan virus ini juga ditemukan pada sperma dan cairan urin dari manusia yang mengidap Ebola dan menularkannya.

Sama seperti HIV Aids sebagai salah satu penyakit berbahaya lainnya, Ebola ini juga dapat untuk menular lewat cairan asalkan orang lain tersebut mempunyai luka terbuka. Cairan yang ada di baju, kasur, gelas, dan mulut, dan lainnya apabila mempunyai luka yang terbuka juga dapat untuk terkontaminasi virus yang sangat mematikan ini. Penyakit Ebola ini tidak dapat menular lewat udara dan untuk menunjukkan gejalanya sendiri membutuhkan waktu setidaknya hingga 21 hari. Sehingga pasien yang diduga terkena Ebola harus di karantina sebelum akhirnya mengetahui hasilnya dan diobati secara maksimal.

Karena merupakan penyakit yang berbahaya, masyarakat tentu harus melakukan upaya agar dapat untuk mencegahnya. Ada berbagai upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus mematikan ini seperti dengan:

  • Cara pertama tentu saja dengan menghindari kontak dengan penderita Ebola yang bisa untuk menularkan penyakit ini.
  • Apabila akan melakukan kontak dengan pasien Ebola, tim medis juga harus menggunakan sarung tangan, masker, dan harus mencuci tangan setelah melakukan kontak.
  • Jangan mengkonsumsi hewan liar yang dapat untuk terjangkit Ebola.

Dan cara pencegahan yang terakhir dapat dilakukan untuk menghindari penularan penyakit berbahaya ini adalah untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan penderita Ebola yang telah sembuh. Karena virus tersebut masih dapat untuk ditularkan melalui air mani hingga 7 minggu kemudian setelah penderita dinyatakan pulih. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk melakukan pencegahan karena penyakit ini mempunyai resiko dan tingkat kematian yang sangat tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *