Cara Tepat Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung

By | March 12, 2018

Penyakit jantung atau jantung koroner merupakan penyakit yang terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah utama yang bertugas mensuplay darah ke jantung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh penumpukan kolesterol dan terjadinya peradangan pada pembuluh darah. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia sehingga harus diwaspadai. Bila didiagnosis mengalami penyakit ini, maka seseorang harus segera melakukan pengobatan dengan benar.

Cara Tepat Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung

Pengobatan yang dapat dilakukan bagi pengidap penyakit jantung adalah sebagai berikut:

  1. Menerapkan pola hidup sehat. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan efektif untuk menjaga jantung tetap normal dalam melakukan fungsinya. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mulai mengkonsumsi makanan sehat. Hindari berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak karena bisa menyebabkan kolesterol. Perbanyak juga mengkonsumsi air putih yang sangat penting menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, istirahat yang cukup akan membantu memaksimalkan pola hidup yang sehat.
  2. Olahraga secara teratur. Berolahraga sangat baik terutama bagi orang yang mengidap penyakit ini. Dengan berolahraga secara teratur, peredaran akan berjalan dengan lancar sehingga penyakit tidak akan semakin parah.
  3. Minum obat secara teratur. Obat yang telah diberikan oleh dokter arus diminum secara teratur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  4. Berhenti merokok. Terutama bagi kaum pria yang memiliki kebiasaan merokok, bila telah terdeteksi mengalami penyakit ini, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Karena dengan tetap merokok, akan berakibat semakin buruk pada kondisi tubuh dan jantung.

Selain pengobatan langkah pencegahan juga dapat diterapkan sehingga dapat menghindari resiko penyakit ini:

  1. Menerapkan pola hidup sehat. Bukan hanya bagi pengidap penyakit, bagi yang masih sehat pun tetap harus menerapkan pola hidup yang sehat sehingga penyakit ini dapat menjauh.
  2. Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan banyak mengkonsumsi bahan makanan tersebut, maka tubuh akan terjaga karena sistem kekebalan yang meningkat.
  3. Berhenti merokok. Langkah ini sangat penting karena dengan berhenti merokok, maka tubuh akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, bukan hanya jantung tetapi penyakit beresiko lainnya.
  4. Mengontrol kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi gula yang berlebihan akan berakibat pada menaiknya kadar gula darah dan bisa berujung pada penyakit yang menyerang jantung ini.

Baca juga Cegah Penyakit Jantung dengan 4 Tindakan Berikut!

 Apabila telah terlanjur mengidap penyakit jantung, maka tidak akan bisa disembuhkan sepenuhnya. Berbagai hal yang dilakukan hanyalah untuk mengurangi gejala yang timbul dan mencegah agar penyakit yang telah ada tidak akan semakin parah. Oleh karenanya, jangan sampai tubuh yang masih sehat terkena penyakit ini. Lakukan pola hidup sehat sejak sekarang karena itu adalah modal awal menghindari penyakit yang mematikan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *