Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Harus Anda Ketahui

By | January 3, 2018

Kanker payudara merupakan penyakit berbahaya yang menjadi momok terbesar dari ketakutan banyak wanita. Walaupun bisa juga untuk menyerang laki-laki, tetapi jenis kanker ini memang akan lebih banyak dan lebih mudah untuk menyerang wanita. Sehingga akan lebih baik untuk wanita selalu waspada agar tidak terkena jenis penyakit berbahaya yang satu ini. Caranya sendiri banyak telah digaungkan oleh ahli kesehatan dan juga lembaga kesehatan seperti dengan teknik SADARI yang dapat dilakukan untuk pemeriksaan pada payudara sendiri agar mengetahui apabila ada masalah dan tanda-tanda pada sekitar payudara. Sehingga apabila dapat ditemukan lebih awal pada stadium 1 akan lebih baik sehingga pengobatan akan lebih mudah dan mempunyai peluang yang lebih besar agar bisa sembuh. Dimana wanita juga perlu untuk mengetahui ciri-cirinya agar mudah dikenali dan segera di periksakan ke lembaga kesehatan terdekat. Beberapa ciri-cirinya pada stadium awal yang bisa dikenali adalah:

Baca juga: Obat Kanker Payudara Dari Bahan Alami Yang Aman Dan Berkhasiat

  • Adanya benjolan yang ada di payudara

Tanda yang paling umum dari kanker ini adalah munculnya benjolan di sekitar payudara. Ketika melakukan pemeriksaan setiap rutin, segera lakukan pemeriksaan apabila Anda menemukan benjolan di sekitar payudara baik yang kecil ataupun besar. Benjolan tersebut tidak harus sakit ketika ditekan dan dapat teraba ketika sedang menstruasi dan melakukan pemeriksaan SADARI di rumah.

  • Warna kulit yang berubah

Ciri-ciri selanjutnya dari kanker payudara stadium awal ini adalah warna kulit di sekitaran payudara yang berubah. Hal ini tentunya juga ditandai dan disertai dengan adanya benjolan yang ada pada payudara sehingga akan lebih meyakinkan sebagai ciri-ciri adanya kanker. Kulit payudara biasanya akan mempunyai tampilan seperti tekstur yang iritasi dan juga berlekuk-lekuk. Tetapi juga biasanya perubahan warna kulit ini tidak terjadi sehingga akan sangat baik untuk segera periksa ketika menemukan benjolan di sekitaran payudara.

  • Puting yang terasa sakit

Tanda kanker selanjutnya adalah puting yang terasa sakit seperti nyeri yang dialami. Apabila hal tersebut terjadi maka akan lebih baik Anda segerakan periksa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sehingga apabila dideteksi lebih awal pengobatan akan bisa dilakukan dengan lebih cepat untuk dapat menyembuhkan penyakit kanker tersebut. Tanda puting yang nyeri tersebut juga dibarengi dengan keluarnya cairan yang tidak normal dari puting.

  • Benjolan pada ketiak

Dan ciri dari kanker payudara stadium awal yang bisa dikenali selanjutnya adalah munculnya benjolan pada bagian sekitar ketika. Ketika melakukan SADARI di rumah pada menjelang dan sesuai menstruasi, biasanya bagian yang diperiksa tidak hanya seputar payudara saja tetapi dari ketika. Sehingga ketika menemukan benjolan di bagian ketiak segera juga periksakan ke dokter terutama apabila juga mempunyai ciri-ciri yang lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *