Ciri-ciri Penyakit Liver

By | August 7, 2017

Penyakit liver adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang menyerang tubuh manusia, penyebab dari penyakit ini sendiri bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol, bakteri, juga penggunaan obat-obatan terlarang.

Penyakit liver memiliki beberapa ciri yang bisa dikenali, sehingga pengobatannya bisa lebih cepat sebelum menjadi kronis:

Baca juga: Penyebab Penyakit Liver

  1. Pusing Kepala

Pusing kepala memang bisa menyerang siapa saja, akan tetapi bagi yang merasakan pusing kepala secara terus menerus perlu mewaspadainya karena pusing kepala termasuk ke dalam ciri-ciri sakit liver.

  1. Sakit Perut

Ciri-ciri selanjutnya adalah mengalami sakit yang teramat sangat pada bagian perut, karena letak liver sendiri ada di bagian perut, oleh sebab itu, apabila terjadi masalah pada bagian liver, maka perut akan mengalami rasa sakit yang teramat sangat. Perlu diwaspadai juga jika perut terlihat membusung layaknya orang yang sedang busung lapar, karena ini bisa jadi tanda pembengkakan hati yang kemudian naik ke bagian perut atas, dan ini bisa membuat penderita kesulitan untuk bernapas.

  1. Hilangnya Nafsu Makan

Ciri dari sakit liver selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun atau bahkan menghilang. Nafsu makan yang hilang memang biasanya disebabkan oleh banyak hal, akan tetapi tetap tidak bisa disepelekan begitu saja. Apabila nafsu makan menghilang dalam waktu yang cukup lama, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

  1. Urine Berwarna Cokelat

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan tubuh adalah dengan melihat warna urine. Apabila menderita sakit liver, biasanya warna urine akan berubah menjadi warna cokelat. Oleh sebab itu, apabila warna urine berubah cokelat, bisa jadi ada masalah pada bagian liver. Maka dari itu, segera pergi ke dokter agar bisa dilakukan cek darah dan urine untuk mengetahui penyebab perubahan warna urine ini.

  1. Mudah Lelah

Rasa lelah memang kerap terjadi dan dialami oleh semua orang, khususnya yang memiliki banyak aktifitas. Namun, harus pula diwaspadai karena mudah lelah juga menjadi salah satu ciri dari terjangkitnya sakit liver dalam tubuh.

  1. Tubuh Berwarna Kuning

Salah satu tanda yang paling jelas ketika seseorang menderita sakit liver adalah warna tubuh yang berubah menjadi kuning, termasuk juga warna mata. Gejala ini harus diwaspadai dan segera periksakan ke dokter agar bisa diketahui apakah liver mengalami peradangan dan pembengkakan atau tidak.

  1. Sering Mual

Ciri-ciri selanjutnya dari sakit liver adalah seringkali merasakan mual. Tak sedikit orang yang meremehkan rasa mual yang dirasakan, padahal mual bisa jadi tanda atau ciri dari sakit liver.

Itulah ciri-ciri dari penyakit liver yang perlu diwaspadai, apabila merasakan ciri-ciri di atas, maka segera periksakan diri ke dokter sedini mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *