Dampak yang Disebabkan oleh Leukimia

By | November 21, 2018

Saat ini kesehatan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Setiap orang sangat menginginkan tubuh dan badannya sehat sehingga bisa melaksanakan aktivitasnya dengan lancar tanpa halangan yang berarti akibat keadaan tubuhnya yang memburuk. Berbagai macam kegiatan dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi terhadap penyakit. Dan saat ini terdapat berbagai alat kesehatan yang saat terakhir untuk membantu dalam mengecek kondisi kesehatan tubuh dengan sangat mudah dan praktis. Banyak berbagai faktor penyakit yang dapat mengganggu kesehatan pada tubuh. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai apabila dan harus mencegahnya ialah leukimia. Leukemia merupakan jenis penyakit kanker yang sangatlah berbahaya karena dapat melemahkan antibodi yang terdapat pada tubuh sehingga menyebabkan tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Akibat Penyakit Leukimia

Leukimia merupakan penyakit yang sangat diwaspadai dikarenakan hampir tidak terlihat gejala penyakitnya. Sehingga orang merasa baik-baik saja padahal terdapat di dalam tubuhnya terdapat salah satu jenis penyakit kanker darah, yakni leukemia. Akibatnya saat tubuh mulai diperiksa baru terdeteksi leukimia dengan stadium yang mengkhawatirkan tubuh. Leukimia sendiri merupakan penyakit kanker pada jaringan yang membentuk darah yang di dalamnya terdapat pula sumsum tulang belakang. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami penurunan daya tahan sehingga sangat menghambat dan memperlambat tubuh dalam melawan infeksi yang ada. Kanker ini menyerang sel darah putih hingga menyebabkan sel darah putih tersebut memiliki jumlah yang abnormal dan memiliki kondisi belum matang sempurna.

Kondisi darah putih yang abnormal tersebut menjadikan sel darah putih yang belum sepenuhnya matang malah menyerang sel darah yang normal sehingga membuat sel darah putih yang seharusnya melawan infeksi pada tubuh menjadi berkurang dengan signifikan. Terdapat banyak ciri kanker leukimia yang bisa anda perhatikan pada anak maupun saudara anda. Ciri yang bisa digunakan untuk membantu Anda mendeteksi penyakit leukemia ialah dengan melihat darah yang sukar membeku. Hal ini disebabkan oleh sel darah putih yang tidak normal tersebut menyerang trombosit yang sangat penting dalam proses pembekuan darah, sehingga tubuh orang yang terkena leukimia menjadi lebih sering terkena pendarahan.

Ciri orang yang terkena penyakit leukimia juga sangatlah mudah berdarah dan juga memar. Hal ini disebabkan tubuh yang kekurangan trombosit akibat sel darah putih yang mengajarkan trombosit tersebut sehingga menurunkan fungsi dan khasiat trombosit terhadap pembekuan darah.penyebab leukimia hingga saat ini belum diketahui dengan detail dan juga secara pasti, sehingga cukup menyulitkan pihak medis dalam mencegah terjadinya kanker leukimia tersebut. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab utama leukemia baik itu dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Penyebab leukemia dari dalam tubuh ialah karena terdapat kelainan kromosom dan juga DNA yang terdapat dalam sel darah putih yang bermutasi sehingga mengakibatkan perubahan yang signifikan terhadap tindakan setiap sel.

Penyebab penyakit leukemia yang berasal dari luar tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terkena paparan radiasi. Paparan radiasi dalam penelitian dengan jumlah rendah dan stabil dapat mengakibatkan risiko penyakit kanker leukemia pada tubuh. Benzena yang banyak terdapat dalam bensin dan juga plastik karet serta tinta printer bisa juga mengakibatkan kanker apabila anda terpapar oleh senyawa benzena dengan kadar yang sangat tinggi. Oleh karena itu mari lindungi tubuh dan lingkungan Anda dari berbagai hal yang dapat memacu datangnya penyakit kanker leukimia pada seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *