Darah Tinggi, Penyakit yang Harus Anda Diwaspadai

By | May 9, 2018

Kesehatan memang begitu mahal harganya. Begitu kurang lebihnya ungkapan yang sering disebutkan oleh banyak orang. Dikatakan mahal karena tubuh yang sehat membuat siapa pun menjadi lebih bersemangat dan produktif ketika sedang beraktivitas. Sebaliknya, jika Anda sakit justru akan membuat segala aktivitas yang Anda miliki terbengkalai dan membutuhkan biaya yang banyak untuk bisa menyembuhkannya. Oleh karena itu, menjadi sebuah keharusan untuk selalu menjaga kesehatan. Salah satu penyakit yang mudah menyerang adalah darah tinggi.

Darah Tinggi, Penyakit yang Harus Anda Diwaspadai

Jangan Remehkan Sakit yang Satu ini

Hampir segala lapisan masyarakat dan mulai usia remaja hingga dewasa semua berpotensi memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Namun beberapa orang justru menganggap penyakit ini begitu biasa dan tidak terlalu mengkhawatirkannya. Beberapa menganggap bahwa tekanan darah yang naik adalah hal yang biasa dan bukanlah masalah yang besar. Bahkan sebagian orang mengambil kesimpulan jika bilangan yang ada pada alat pengukur tekanan darah terlihat normal, maka secara keseluruhan bahwa tekanan darah tersebut normal. Ternyata banyak hal yang masih harus Anda pahami mengenai penyakit ini jangan sampai, tekanan darah yang tinggi menjadi dalang dari penyakit lainnya.

Pantau Tekanan Darah Anda

Anggapan remeh akan penyakit tekanan darah tinggi harus segera diluruskan, agar penderita bisa lebih waspada dan segera menanggulangi jika ditemukan gejala penyakit ini. Walau pun penyakit yang satu ini tidak bisa dicegah namun Anda bisa menanggulanginya walaupun ketika Anda memiliki banyak risiko penyakit lain akibat dari tekanan darah yang satu ini. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mendapati tekanan darah naik, antara lain:

  • Anda bisa memilih makanan dan minuman yang sehat, bernutrisi, dan rendah kandungan gulanya, serta rendah lemak, dan garam.
  • Jika Anda seorang perokok maka berhentilah dan cobalah untuk menghindar dari keberadaan asap rokok sebagai perokok pasif.
  • Anda juga bisa menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi normal dengan berolahraga rutin dan menjaga pola makan yang sehat.
  • Apabila Anda sering mengkonsumsi minuman keras, cobalah untuk membatasinya atau menghentikannya.
  • Segera tangani jika Anda sudah mulai stres, hal ini dikarenakan tubuh secara alami akan memproduksi bahan kimia tertentu yang bisa membuat menyempitnya pembuluh darah dan mempercepat denyut jantung.

Simak juga Jejeran Buah yang Ampuh Sebagai Penurun Darah Tinggi

Cara Menangani Tekanan Darah Tinggi

Naiknya tekanan darah memang bisa disebabkan oleh banyak hal, ketika sudah telanjur Anda bisa Anda tangani. Untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang membahayakan adalah dengan mengonsumsi obat yang sudah di resepkan oleh dokter secara teratur. Anda juga harus rutin memeriksa tekanan darah yang Anda miliki dan berkonsultasi dengan dokter. Sebaiknya Anda juga lebih waspada akan efek samping dari obat yang akan Anda minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *