Home Mom Dermatitis Atopik; Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

Dermatitis Atopik; Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

by Erin Nuzulia

Dermatitis Atopik (DA) adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini bahkan bisa menyerang bayi sampai orang dewasa, baik pria maupun wanita. Adapun ciri-ciri penyakit Dermatitis Atopik dewasa  yang sering muncul antara lain kulit memerah, pecah-pecah, hingga kering.

Peradangan kulit ini bisa terjadi cukup lama, bahkan sampai bertahun-tahun loh! Kalau Anda mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya segera konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis kulit supaya segera mendapatkan penanganan terbaik.

Dermatitis Atopik; Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

Gejala Dermatitis Atopik

Sebenarnya terdapat perbedaan gejala Dermatitis Atopik yang muncul di beberapa penderitanya. Gejala yang muncul pada balita biasanya kulit bersisik, memerah, sedangkan bagian kulit lain seperti kulit pipi, kulit kepala, tangan, serta kaki tampak berkerak.

Gejala ini berbeda jika terjadi pada anak dan orang dewasa, biasanya gejala dimulai dengan ruam merah yang terasa gatal muncul di lutut, area belakang leher, dan siku. Berikut adalah gejala-gejala lain yang muncul pada penderita dermatitis atopik:

  • Kulit pada bagian telapak tangan terlihat mengerut
  • Terdapat ruam menonjol pada kulit yang mengeluarkan cairan
  • Kulit terlihat terinfeksi ditandai dengan munculnya garis-garis merah yang bernanah dan tampak keropeng
  • Kulit terasa kering dan bersisik
  • Kulit di sekitar area bawah mata juga terlihat mengerut
  • Area sekitar mata tampak gelap dan menghitam
  • Kulit mulai pecah-pecah, terkelupas, bahkan bisa mengeluarkan darah.

Pada malam hari, rasa gatal yang terasa akan lebih buruk. Jika Anda menggaruk area kulit yang gatal, akan mengakibatkan kulit menjadi lebih tebal, berlubang, bahkan bisa menimbulkan infeksi lebih parah. Oleh karena itu, jika Anda mulai susah tidur lantaran rasa gatal tersebut, segera dokter.

Baca Juga:  Ampuh Atasi Diare, Inilah 7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami

Penyebab Dermatitis Atopik

Penyakit kulit ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi cuaca yang panas, perubahan cuaca, debu, polusi, keringat berlebih, imun tubuh yang menurun, stres, atau juga gigitan serangga. Faktanya faktor genetis juga bisa menjadi salah satu pemicunya loh!

Cara Mencegah Dermatitis Atopik

Untuk mengetahui secara pasti cara pencegahannya, kita harus mengetahui pencetus munculnya penyakit ini. Jika Anda mengalami gejala seperti di atas dan mengetahui jika pencetusnya adalah debu, Anda harus menghindari debu. Begitu juga jika pencetusnya adalah alergi, pastikan Anda mengetahui alergi terhadap apa lalu hindari untuk mengonsumsinya. Secara umum, gaya hidup bersih dan sehat adalah kunci utama dari mencegah penyakit ini. Anda harus memastikan seluruh perlengkapan tidur selalu dalam keadaan bersih, begitu juga dengan berbagai perlengkapan yang ada di rumah.

Pengobatan Dermatitis Atopik

Beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengubah gaya hidup, memperkuat fungsi kulit, menjaga imunitas tubuh, merawat kulit, dan memastikan pengidap dermatitis atopik  mengurangi atau bahkan tidak lagi menggaruk bagian yang gatal.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan pada kulit penderita:

  • Mandi dengan air hangat suam kuku yaitu bersuhu sekitar 36-37 derajat Celsius.
  • Mandi menggunakan sabun yang mengandung pelembab, tidak memiliki pewarna, serta pewangi, dan memiliki tingkat keasaman atau pH 5,5-6.
  • Jangan gunakan sabun antiseptik.
  • Pastikan durasi mandi tidak terlalu lama, hanya sekitar 10 – 15 menit.
  • Oleskan pelembab ke seluruh tubuh, paling lama 3 menit setelah mandi.
  • Gunakan pakaian berbahan yang mampu menyerap keringat, ringan, lembut, dan halus di kulit.
  • Hindari terpapar bahan iritan, seperti sabun cuci piring dan deterjen untuk mencuci baju.
  • Pastikan lingkungan rumah selalu bersih dan terhindar dari debu.
  • Pastikan suhu ruangan tidak terlalu ekstrem, baik terlalu panas atau terlalu dingin.
Baca Juga:  Ampuh Atasi Diare, Inilah 7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami

Ulasan mengenai dermatitis atopik lainnya bisa Anda simak di https://review.bukalapak.com/mom/gejala-penyebab-dan-cara-penyembuhan-dermatitis-atopik-pada-dewasa-109862.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More