Dunia Medis : Pertolongan Pertama Luka Bakar Secara Medis

By | July 5, 2017

Dunia Medis : Pertolongan Pertama Luka Bakar Secara Medis – Luka bakar adalah luka yang diakibatkan oleh panas yang bisa disebabkan oleh api, bahan kimia, atau listrik. Luka bakar ini biasanya akan menyebabkan melepuh ataupun luka yang lebih dalam. Seperti yang sudah diketahui, luka bakar ini dibagi menjadi beberapa grade yaitu :

Baca juga: Profesi di Dunia Medis

  • Luka bakar grade 1

Pada grade 1 luka bakar hanya mengenai lapisan epidermis pada kulit. Biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, kulit berwarna kemerahan dan juga menimbulkan lepuhan yang berisi caian bening berupa plasma.

  • Luka bakar grade 2

Pada grade 2 ini luka bakar terjadi lebih dalam dan juga menimbulkan rasa nyeri.

  • Luka bakar grade 3

Pada luka bakar grade 3 ini luka bakar terjadi sampai kebagian otot dan tendon sampai kelihatan warna putih. Rasa nyeri sudah tidak ada karena sel saraf sudah rusak oleh sengatan panas.

Luka bakar yang ringan ini merupakan jenis luka bakar derajat 1, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain misalnya: Saat terkena knalpot, rasanya pasti sangat nyeri. Pada sebagian besar orang biasanya kalau terjadi luka bakar karena knalpot ini mereka akan langsung mengolesi dengan pasta gigi, mentega, minyak atau kecap. Cara ini tentu saja sangat tidak diperbolehkan. Kecap dan minyak akan menutup pori-pori kulit sehingga kulit yang terbakar akan sulit untuk dibersihkan. Selain menyumbat pori-pori kulit pasta gigi yang dirasa dingin justru merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk luka bakar. Saat terjadi luka bakar dan langsung diolesi dengan pasta gigi justru akan menambah derajat luka bakar. Luka bakar yang tadinya hanya di permukaan kulit justru akan semakin mendalam. Pasta gigi yang dirasa cukup dingin ternyata malah membakar kulit sehingga luka bakar semakin sulit disembuhkan,

Untuk mengatasi atau menangani luka bakar yang terjadi karena knalpot menurut dunia medis kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Basuh bagian yang terkena knalpot dengan air dingin yang mengalir (air keran) kurang lebih 10 sampai 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri  yang timbul dan untuk mencegah panas tidak sampai membakar kulit lebih kedalam lagi.
  2. Jangan gunakan air es, karena justru akan merusak jaringan.
  3. Jangan pecahkan kulit yang melepuh dan berisi cairan.
  4. Oleskan salep yang khusus untuk luka bakar derajat 1.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk penanganan luka bakar ini antara lain :

  1. Jika yang tersiram air panas adalah bagian tubuh yang tidak tertutup dengan kain, lekas guyur dengan air yang mengalir secara perlahan
  2. Jika yang tersimpan air panas adalah bagian tubuh yang tertutup oleh kain, guyur terlebih dahulu menggunakan air mengalir sekitar 10-20 menit. Lalu buka pakaian secara perlahan-lahan. Jika sulit untuk membuka pakaian gunting pakaian yang melekat di tubuh.
  3. Kompres dengan air dingin atau rivanol, jangan menggunakan air es untuk mengompres.
  4. Segera berikan salep dan tutup menggunakan kassa steril, lakukan pembalutan tidak terlalu kencang dan melebihi luas luka. Atau jika memungkinkan biarkan luka tetap tebuka namun harus dijaga kebersihannya agar tidak terinfeksi.
  5. Jika luka bakar lebih dari 20 % segera bawa ke tenaga kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *