Gejala Kanker Otak yang Kerap Disepelekan dan Diabaikan

By | January 11, 2018

Penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit tertentu biasa bisa melihat dan mencermati gejala dari penyakit tersebut. Misalnya penyakit kanker otak yang merupakan salah satu penyakit ganas yang dihindari. Kanker pada otak tersebut merupakan tumor otak ganas yang bisa menyebar cepat ke bagian yang lainnya di otak dan tulang belakang.

Terdapat beberapa gejala yang harus Anda perhatikan dengan teliti. Pertama adalah berat badan yang turun secara drastis dan tiba-tiba. Berat badan bisa turun secara drastis jika Anda melakukan program diet yang ketat dan berolahraga. Akan tetapi, jika Anda mendapati berat badan yang menurun tiba-tiba, Anda harus bertanya dan jika perlu check up karena bisa saja terjadi masalah di gangguan pencernaan ataupun kanker.

Kedua dalah sakit kepala. Gejala ini merupakan gejala umum tidak hanya penyakit kanker otak namun juga beberapa jenis penyakit yang lainnya. Gejala kanker ini kerap diabaikan karena sering dianggap hanya sakit kepala biasa. Akan tetapi, waspadai jika Anda kerap sakit kepala dan rasanya sangat sakit melebihi sakit kepala biasa karena bisa mengindikasi jika ada penyakit serius yang harus segera diobati.

Ketiga adalah kejang-kejang. Terjadi kejang-kejang terkadang dianggap sebagai salah satu gejala penyakit epilepsy. Akan tetapi, jika Anda mengalami kejang-kejang yang tidak biasa dan terkadang datangnya tiba-tiba, bisa saja gejala tersebut merupakan gejala awal kanker atau tumor otak. Gejala ini bisa datang kapan saja dan biasanya terjadi selama beberapa menit. Saat menderita kejang, dalam beberapa detik, badan seolah kaku dan berhenti bernafas atau bahkan bisa kehilangan penglihatan dalam waktu tertentu karena sudah menyerang penglihatan.

Gejala lainnya dari kanker otak yang kerap diabaikan adalah:

  • Mual dan muntah yang disebabkan karena fungsi otak yang bermasalah. Ketika sel kanker mulai menyerang otak, kemungkinan besar akan menyebabkan seseorang merasa mual dan muntah yang terjadi secara terus menerus.
  • Menjadi mudah lelah dan pelupa. Seiring dengan berjalannya waktu dan usia yang bertambah, menjadi mudah lelah dan pelupa merupakan hal yang biasa. Namun, jika tiba-tiba merasa mudah lelah dan menjadi pelupa, maka Anda perlu mengkonsultasikannya ke dokter karena bisa saja hal tersebut menjadi indikasi adanya penyakit tumor atau kanker pada otak yang disebabkan karena fungsi otak menurun akibat diserang oleh sel kanker.
  • Mengantuk yang berkepanjangan.
  • Penglihatan menjadi kabur apalagi jika terjadi secara mendadak.
  • Kesulitan dalam berbicara. Walaupun tidak semua pasien kanker pada otak mengalami kesulitan berbicara namun beberapa orang susah melakukan hal tersebut karena terjadi penurunan kemampuan kognitif.
  • Nyeri atau linu pada wajah secara tiba-tiba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *