Gejala Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

By | March 23, 2018

Penyakit kanker saat ini memang dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan. Tak sedikit orang yang takut jika suatu ketika di diagnosa menderita penyakit yang satu ini. Adapun penyakit kanker yang sering menyerang tubuh manusia sangat bermacam-macam. Salah satu kanker yang mematikan dan harus diwaspadai adalah kanker otak. Yaitu tumor otak ganas yang menyerang dan dapat menyebar dengan sangat cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang.

Gejala Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

Tidak seperti kanker payudara yang cenderung bisa dideteksi secara dini, kanker yang satu ini memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala penyakit ringan lain, seperti sakit kepala, depresi, dlsb. Jika Anda mengetahui gejala penyakit ini tentu akan lebih mudah untuk penanganannya. Berikut ini beberapa gejala yang bisa Anda waspadai, diantaranya adalah:

  • Sakit kepala.

Memang sangat sulit untuk membedakan antara sakit kepala dengan gejala kanker otak. Perbedaan terletak dari lamanya sakit. Untuk sakit kepala biasa akan mudah ditangani dengan meminum obat khusus sakit kepala, namun untuk gejala kanker akan bertambah memburuk dan tidak berangsur-angsur membaik saat diberikan obat sakit kepala biasa. untuk sakit kepala yang mengindikasikan kanker, seringnya terjadi saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan tekanan otak selama berbaring di tempat tidur untuk jangka waktu yang lama. Tingkat sakitnya juga bermacam-macam tergantung dari besar kecilnya ukuran tumor yang diderita.

  • Kejang.

Jika Anda tidak memiliki riwayat kejang sebelumnya, Anda patut waspada untuk kemungkinan terkena penyakit serius yang satu ini. Hal ini disebabkan karena tumor kanker yang mengiritasi otak sehingga menyebabkan sel saraf otak yang bekerja menjadi tidak terkendali dan anggota tubuh bergerak menyentak dengan tiba-tiba. Kejang hebat yang sering terjadi berupa sebtakan, kekakuan salah satu anggota badan, sensasi kaku pada salah satu bagian wajah, dlsb.

  • Mual muntah.

Mual maupun muntah memang bisa menjadi indikasi penyakit maag, masuk angin, maupun kondisi penyakit lain. Namun jika terjadi secara terus menerus tanpa sebab terutama jika Anda tidak dalam kondisi hamil, maka Anda harus lebih waspada akan kemungkinan terkena penyakit serius yang satu ini.

  • Penglihatan menurun.

Karena tumor yang menyerang berada dekat dengan saraf mata sehingga bisa menyebabkan penglihatan kabur, penglihatan ganda, hingga penglihatan berkurang secara bertahap. Sayangnya tidak semua orang yang mengalami gejala ini yang mewaspadainya sebagai gejala penyakit kanker. Jika akhir-akhir ini Anda mengalami keteledoran pekerjaan yang membutuhkan fungsi mata, seperti sering terjedot tembok, dlsb.

  • Badan lemas dan lesu tanpa sebab.

Gejala kanker otak ini memang tidak menimbulkan rasa nyeri maupun sakit pada anggota gerak tubuh, namun kaki kiri maupun kanan serta tangan Anda tidak akan mampu merespon dengan baik seperti biasanya atau bahkan tidak merespon sama sekali. Kondisi tubuh pun terasa lemas tiba-tiba secara tidak menentu dan tidak kunjung sembuh.

  • Menjadi pelupa.

Jika Anda sering menjadi pelupa akhir-akhir ini dan bertambah buruk untuk urusan mengingat sesuatu, sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter.

Baca Juga Kenali 4 Jenis Makanan yang Efektif Mencegah Kanker Otak Berikut Ini!

  • Berbicara sedikit gagap atau melantur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *