Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

By | October 12, 2017

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan ditakuti oleh banyak orang di dunia. Bahkan kanker juga merupakan penyakit yang menyebabkan paling banyak di dunia dengan penyakit kronis seperti jantung. Oleh karena itulah masyarakat sebaiknya untuk berhati-hati dan melakukan pencegahan dengan tepat agar dapat untuk terhindari dari penyakit yang satu ini. Karena apabila sudah dideteksi menderita gejala kanker maka harus melakukan pengobatan yang akan memeras tenaga, fisik, mental, dan juga tentunya biaya yang akan dikeluarkan. Terdapat banyak jenis penyakit kanker yang mematikan seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker otak, dan masih banyak lainnya yang menjadi penyakit berbahaya dan dapat membunuh pengidapnya.

Salah satu jenis kanker yang perlu diwaspadai adalah serviks yang merupakan kanker yang ada pada leher rahim wanita. Sehingga wanita harus sangat waspada karena kanker ini dapat untuk berbahaya karena bersarang di leher rahim wanita yang mempunyai fungsi untuk dapat sebagai pintu masuk ke rahim wanita. Hal tersebut tentu sangat membuat banyak wanita parno karena sekarang juga tidak jarang banyak selebritis ataupun kenalan yang meninggal karena terkena jenis kanker. Oleh karena itulah untuk melakukan pencegahan dini wanita bisa untuk melakukan periksa ke dokter dan mencari informasi mengenai tanda-tanda apabila wanita menderita penyakit yang satu ini.

Gejala kanker serviks memang susah untuk diketahui oleh karena itulah wanita diharapkan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah ia mengidap kanker ini atau tidak. Pada umumnya untuk gejala awal dari penyakit kanker ini adalah adanya pendarahan yang tidak normal di luar masa menstruasi. Terlebih ketika setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan, sehingga wanita harus sangat memperhatikan hal tersebut dan juga tidak mengabaikannya ketika terjadi pendarahan setelah berhubungan seksual ketika di luar masa menstruasi atau ketika sudah menopause.

Akan tetapi ketika terjadi pendarahan juga bukan menjadi tanda satunya-satunya dari penyakit kanker tersebut. Karena bisa jadi bukan menjadi tanda gejala awal sehingga harus di periksakan terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan hal tersebut. Oleh karena itulah disarankan sekali lagi wanita rutin melakukan pap smear untuk mengetahui adanya sel pra kanker atau tidak yang di idap wanita. Sehingga bisa dicegah dan mendapatkan pengobatan secara benar sehingga dapat untuk disembuhkan.

Selain pendarahan yang tidak normal, ada juga beberapa gejala yang harus diketahui oleh wanita sehingga bisa untuk berhati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter apabila memiliki gejala kanker serviks berikut ini:

  • Keluarnya cairan yang aneh berwarna pucat, cokelat, atau mengandung darah yang tidak berhenti dan mempunyai bau yang aneh.
  • Ketika berhubungan seksual, ada rasa sakit yang dirasakan.
  • Siklus menstruasi yang terus mengalami perubahan tanpa sebab dan pendarahannya yang sangat banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *