Gejala Penyakit Kanker Payudara Serta Cara Mengatasinya

By | November 23, 2017

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa untuk penyakit jenis kanker payudara ini bisa dikatakan sebagai penyakit mematikan yang hingga detik ini belum banyak ditemukan untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini. Banyak para penderita kanker jenis ini yang meninggal dunia karena memang penyakit ini belum banyak memiliki obat yang bisa untuk disembuhkan. Sedangkan bagi para wanita pun haruslah memperhatikan kesehatannya dengan sebaik baik agar terhindar dari penyakit jenis kanker yang satu ini.

Penyakit kanker ini pun juga memiliki ciri-ciri yang dapat untuk dikenali oleh semua orang khususnya bagi para wanita yang lebih mudah terserang daripada laki-laki. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai penyakit kanker jenis ini, maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri dari penyakit kanker ini serta tata cara dalam menanganinya. Sedangkan beberapa hal yang ada di bawah ini merupakan ciri-ciri dari penyakit kanker pada stadium awal.

Berikut ini ciri-ciri dari penyakit kanker payudara yang wajib untuk Anda kenali, yaitu sebagai berikut ini:

  • Terdapat benjolan maupun penebalan yang ada disekitar payudara.

Benjolan ini merupakan salah satu ciri yang paling terlihat dan Anda harus memperhatikannya dengan sebaik mungkin.

  • Adanya perubahan bentuk serta ukuran payudara.

Pada perubahan ini biasanya akan terlihat dari yang biasanya payudara memiliki bentuk mancung menjadi terkulai ke bawah, dari yang pada sebelumnya ukuran bra 34 menjadi 32.

  • Adanya kerutan yang ada disekitar payudara.

Payudara yang normal tidak akan mempunyai kerutan dan akan cenderung halus namun untuk payudara yang terdapat penyakit kanker ini akan memiliki permukaan yang kasar serta spesifik pada daerah tertentu yang ada pada kulit payudara.

  • Keluar cairan dari puting.

Cairan yang dikeluarkan biasanya berwarna putih bening, encer atau agak kental. Namun jika cairan berwarna kecoklatan dan berwarna merah darah, maka segera konsultasikan pada dokter.

  • Nyeri dan bengkak.

Payudara akan terasa nyeri dan tidak akan hilang.

Masih ada banyak ciri dari penyakit kanker itu sendiri. Sedangkan apabila Anda merasakan ciri-ciri dari penyakit yang ada di atas, maka jangan biarkan, segera datang ke dokter dan lakukan konsultasi agar Anda segera mendapatkan penanganan khusus pada penyakit yang Anda derita. Anda pun juga wajib untuk melihat dari beberapa penyebab dari kanker yang dapat menyerang wanita.

Berikut ini adalah penyebab dari kanker payudara:

  1. Riwayat dalam keluarganya atau penyakit ini merupakan penyakit keturunan dari keluarganya.
  2. Dari ras pun juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker ini.
  3. Untuk wanita yang menstruasinya kurang dari 12 tahun serta menopause lebih dari 55 tahun maka akan berkemungkinan terserang penyakit kanker ini.
  4. Banyaknya sel-sel atau jaringan yang ada pada payudara.
  5. Obesitas pun juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *