Gejala Penyakit Liver Berbagai Macam

By | June 24, 2018

Penyakit liver atau hati merupakan salah satu istilah yang sering dipakai saat hati sedang mengalami sebuah gangguan sampai tidak berfungsi seperti normalnya. Hati atau liver adalah organ paling besar yang kedua pada tubuh kita yang ukurannya kurang lebih sebesar bola rugby serta mempunyai dua bagian yaitu lobus kiri dan kanan. Letak dari liver di sebelah perut kanan atas, lebih tepatnya dibawah tulang rusuk, fungsinya untuk tubuh ada beberapa, seperti metabolisme protein, metabolisme lemak, metabolisme hemoglobin, metabolisme karbohidrat, membantu pembekuan darah dan metabolisme obat-obatan serta racun.

Gejala Penyakit Liver Berbagai Macam

Gejala dari penyakit liver yang biasanya terlihat di seseorang begitu beragam, semuanya bergantung terkait jenis serta penyebab dari penyakit liver yang dialami. Ada beberapa gejala yang sering timbul pada penyakit ini, seperti hanya mual dan muntah, rasa lelah, kehilangan nafsu makan, warna urin berubah seperti hanya warna teh, gatal-gatal di kulit, kulit dan mata seperti berubah menjadi kuning, mudah memar, dan sebagainya.

Pengobatan dari penyakit liver ini sendiri sangat bergantung sekali kepada penyebabnya. Karena beberapa penyakit seperti ini bisa diatasi bersama perubahan dari gaya hidup, contohnya dengan menurunkan berat badan serta berhenti untuk mengkosumsi alkohol. Sementara untuk liver yang lainnya mesti ditangani memakai obat-obatan atau metode operasi sekaligus transplantasi hati. Paling penting lagi yaitu berusaha buat menghindari berkembangnya sebuah inflamasi sebagai sirosis yang sebenarnya berbahaya buat si penderita.

Metode yang paling penting pada saat mencegah terciptanya sirosis merupakan dengan cara menjauhi atau menghindari semua hal yang menyebabkan timbulnya sebuah peradangan pada liver. Apabila penyebab peradangan secepatnya diobati, maka sebuah kerusakan pada jaringan hati yang awalnya inflamasi jadi sirosis bisa dijauhi. Maka dari itu, identifikasi dari penyebab suatu peradangan begitu penting buat dicegah terkait terjadinya inflamasi di hati secara berkelanjutan.

Baca juga: Berikut Adalah 4 Penyebab Penyakit Liver yang Mesti Diwaspadai

Agar bisa terhindar dari penyakit liver ini, sebaiknya lakukan beberapa tindakan seperti berikut:

  • Usaha untuk selalu menjaga berat badan tetap normal menurut indeks dari massa tubuh
  • Sebaiknya tidak berbagai jarum suntik serta apabila melaksanakan hubungan seksual dengan cara yang aman
  • Belajar untuk berhenti mengonsumsi alkohol
  • Cegah adanya hepatitis melalui cara mengikuti program yaitu vaksinasi virus hepatitis
  • Selalu berkonsultasi bersama dokter ketika mau mengonsumsi obat kimia atau obat herbal sekalipun.

Salah satu cara untuk mengobati penyakit liver yang alami lewat obat herbal adalah dengan cara memakai ¼ kg temulawak lalu iris secara tipis selanjutnya dikeringkan. Sebaiknya pilih yang mempunyai warna kuning karena ternyata khasiatnya lebih banyak daripada yang warna putih. Tambah sebanyak 3 lembar daun sirsak yang sudah dijemur sampai kering. Usai bahan kering semua dan siap, rebus air dari 4 gelas sampai 3 gelas lalu saring dan tambahkan gula merah. Minum secara rutin 3 kali sehari, sekali minum langsung satu gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *