Gejala Penyakit Rematik yang Harus Diwaspadai  

By | March 20, 2018

Saat usia menua, berbagai macam penyakit sering menyerang kesehatan tubuh. Bagi orang awam mengenali gejala penyakit tidak semudah seperti para dokter yang bisa memprediksi berbagai macam penyakit dengan tepat. Salah satu penyakit yang sering menyerang di kala usia bertambah adalah penyakit rematik. Namun jangan salah, dewasa ini penyakit ini juga ditemukan terjadi pada anak-anak maupun remaja. Penyakit yang satu ini dapat membuat otot maupun persendian merasa sakit akibat dari peradangan serta pembengkakan. Sendi-sendi yang membengkak disebabkan karena cairan yang menumpuk menjadi kaku, terasa panas, dan sekitar karena peradangan yang aktif.

 Gejala Penyakit Rematik yang Harus Diwaspadai

Umumnya penyakit ini menyerang pada wanita usai lanjut, namun ada baiknya Anda kesehatan diri Anda dengan mengetahui gejala-gejala penyakit yang satu ini, diantaranya yaitu:

 

Pembengkakan sendi.

Sendi yang bengkak disebabkan karena terjadinya inflamasi akut. Akibatnya timbul kekakuan dan sendi akan terasa nyeri.

 

Kaki serta tangan susah untuk digerakkan.

Saat penderita terserang rematik, anggota badan akan sangat sulit untuk digerakkan terutama pada bagian tangan dan kaki. Jika Anda mengalami keadaan yang seperti ini, kemungkinan Anda sudah terserang penyakit yang satu ini secara serius. Tanda-tanda ini memang jarang menyerang, namun dapat berpotensi menyerang. Untuk yang level serius bahkan bisa menyerang bagian saraf. Untuk itu jika Anda menemukan gejala-gejala ini sebaiknya segera memeriksakan ke dokter.

 

Gangguan pada lambung.

Gangguan pada lambung sering diidentikkan dengan penyakit maag. Namun gangguan lambung yang disebabkan oleh anti inflasi obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit yang menyerang otot dan sendi ini. Gejalanya biasanya berupa mual maupun muntah disertai dengan feses yang dikeluarkan berwarna gelap. Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda waspada dan segera memeriksakan ke dokter.

 

Penglihatan terganggu.

Tidak hanya menyerang organ lambung saja, penyakit yang satu ini juga bisa menyerang indera penglihatan. Ciri-cirinya penglihatan mata menjadi menurun. Hal ini dikarenakan pembuluh darah pada mata terpengaruh oleh artistic. Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita dengan golongan stadium lanjut.

 

Demam ringan.

Demam ringan biasanya ditafsirkan banyak orang dengan penyakit biasa, jarang sekali yang beranggapan sebagai indikasi penyakit otot dan sendi. Pada demam tinggi bersuhu 38 derajat Celcius bisa dijadikan indikasi infeksi sendi.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda yang Baiknya Diperhatikan

Mudah mengalami memar.

Walaupun tidak pernah mengalami benturan pada bagian tubuh, umumnya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami memar dengan mudah. Hal ini disebabkan jumlah trombosit dalam tubuh sangat rendah.

 

Bintik merah.

Bintik merah yang timbul tidak hanya di bagian kulit saja, bahkan pada kuku si penderita. Jika hal ini terjadi kemungkinan penyakit otot dan sendi yang terjadi sudah cukup serius. Bintik merah ini disebabkan karena peradangan pada pembuluh darah kecil sehingga jaringan darah menjadi rusak.

 

Sendi kaku di pagi hari.

Penyakit ini memang menyerang bagian sendi, sehingga gejala yang terjadi bisa terlihat jika mengalami sendi kaku di pagi hari.

 

Kesemutan.

Umumnya orang kesemutan karena berada dalam posisi duduk kaki yang sama dalam waktu yang lama. Namun untuk orang yang menderita rematik hal ini disebabkan karena tendon yang membengkak atau meradang sehingga saraf menjadi terhimpit dan mati rasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *