Hati-Hati Penyakit Kulit Mudah Menular

By | June 11, 2018

Tidak dapat dipungkiri apabila soal kulit memang sering sekali terjadi pada kalangan semua rakyat Indonesia. Hal ini terjadi umumnya karena adanya sebuah gangguan kesehatan di kulit karena dipengaruhi adanya jamur yang muncul akibat kurangnya orang tersebut dalam masalah menjaga kebersihan diri contohnya malas untuk mandi, keringat dibiarkan saja menempel lama di kulit, bahkan adanya paparan sinar UV secara berlebihan. Penyakit kulit memang sangat cepat sekali untuk proses penyebarannya serta begitu menganggu sekali pada penampilan yang otomatis bisa membuat semua orang seperti kehilangan rasa percaya diri ketika bertemu dengan orang lain.

Hati-Hati Penyakit Kulit Mudah Menular

Penyakit kulit mempunyai banyak jenisnya dan seperti berikut ini adalah beberapa jenis dari penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia khususnya:

  • Kudis adalah suatu penyakit yang mempunyai ciri seperti munculnya sebuah benjolan kecil hingga lubang di bagian pori-pori, kemudian bisa membesar di sekitarnya dan efeknya akan ada suatu peradangan warna agak kemerahan
  • Panu menjadi penyakit yang memiliki ciri timbulnya sebuah bercak berwarna putih pada kulit. Penyebab adanya panu karena disebabkan infeksi jamur, namun penyakit ini sama sekali tidak membahayakan. Hanya saja panu pada kulit membuat rasa percaya diri akan penampilan menjadi sangat terganggu sekali. Kebanyakan panu muncul karena kurangnya anda untuk menjaga kebersihan kulit atau bisa jadi karena anda mandi secara langsung ketika tubuhu pada keadaan masih berkeringat.
  • Kadas, penyakit yang muncul akibat adanya jamur Trichophyton atau Epidermophytin ini mempunyai sebuah ciri khusus yaitu efek yang sedikit kemerahan tepatnya berbentuk cincin lingkaran dalam kulit serta bersamaan rasa gatal.

Beberapa contoh jenis penyakit kulit diatas kebanyakan muncul karena kurangnya kesadaran diri akan kebersihan tubuh. Melihat bahwa penyakit-penyakit tersebut bisa menyebar secara cepat, maka sangat perlu adanya pengobatan segera mungkin. Banyak cara menghilangkan penyakit kulit termasuk dengan memakai berbagai jenis tanaman yang mudah dicari disekitar kita, seperti berikut ini.

  • Tembakau

Salah satu jenis tanaman yang menjadi bahan utama untuk pembuatan rokok ini, ternyata pada bagian daunnya begitu bermanfaat buat mengatasi semua masalah pada penyakit.

  • Manfaat daun tembakau untuk memproduksi kolagen di kulit. Kolagen adalah protein kulit maka berguna mempercepat proses penyembuhan semua persoalan kulit.
  • Senyawa di dalamnya polifenol serta flavonoid yang keduanya yaitu zat anti-inflammasi serta antioksidan alami, yang bakal menyembuhkan adanya peradangan di semua persoalan kulit.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Penyakit Kulit Ringan yang Sering Dijumpai

  • Lengkuas

Tanaman yang masuk dalam umbi-umbian ini biasanya dipakai menjadi bumbu dapur, ternyata bermanfaat sekali untuk semua masalah penyakit kulit.

  • Di dalamnya mengandung senyawa flavonoid
  • Mempunyai senyawa karioferida serta galangin.

Selain dua tanaman diatas, masih banyak tanaman yang dapat menjadi obat untuk penyakit kulit seperti biduri, jintan, lidah buaya, bawang putih dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *