Hindari Penyakit Ain dengan 4 Tips Pencegahan Berikut Ini!

By | February 26, 2018

Bagi umat muslim tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya penyakit ain, yakni jenis penyakit yang merujuk pada gangguan hati dan pikiran. Penyakit ini muncul karena memandang seseorang atau suatu hal yang berlebihan dan membuat takjub atau justru muncul penyakit hati. Iri menjadi salah satu dari jenis penyakit ini, yang tentunya menyerang siapa saja tanpa pandang bulu dan tanpa pandang umur. Bahkan beberapa anak-anak juga diketahui bisa mengalami penyakit jenis ini sehingga dibutuhkan peran orangtua secara baik.

Hindari Penyakit Ain dengan 4 Tips Pencegahan Berikut Ini!

Tips Mencegah Munculnya Penyakit Ini

Penyakit jenis ain bisa datang tanpa diduga dan kerap kali dialami oleh siapa saja yang kurang dekat dengan Allah SWT dan merasa sombong dengan nikmat yang dimiliki. Efeknya tentu merugikan diri sendiri dan orang lain maka baiknya dicegah saja sebelum terlambat. Berikut merupakan tips mencegahnya:

  • Membiasakan rajin beribadah,

Kurang dekat dengan Sang Pemberi Hidup membuat penyakit satu ini mudah dialami maka penting untuk menjaga intensitas ibadah yang dilakukan. Khususnya ibadah harian, baik sholat wajib maupun sholat sunnah untuk bisa lebih ikhlas dan pandai bersabar.

Baca Juga 4 Tips Mengatasi dan Mencegah Penyakit Ain yang Berbahaya

  • Tidak hidup terlalu berlebihan,

Ketika Anda membiasakan diri hidup berlebihan maka akan mudah merasa menjadi pribadi yang paling hebat kemudian muncul perasaan takut kalah saing. Alhasil ketika melihat saudara sendiri atau mungkin tetangga dekat rumah bisa lebih unggul hati kalang kabut. Tidak terima dan marah, alhasil berbagai upaya dilakukan dan nantinya merusak silaturahmi. Kemunculan penyakit ain memang seringnya terlambat untuk disadari maka idealnya memang dicegah dengan terbiasa hidup sederhana. Asalkan apa adanya tidak akan mudah tersinggung saat orang lain mendahului prestasi Anda.

  • Menjaga pandangan mata dimana saja,

Menjaga pandangan mata tentu sangatlah penting dan ditekankan setiap kali Anda menghadiri sebuah kajian, tidak hanya bagi para lajang namun juga bagi mereka yang sudah menimang cucu sekalipun. Pandangan mata membuat Anda mudah iri dan bisa pula terlalu takjub dengan apa yang dilihat berkaitan dengan orang di depan mata. Entah lebih tampan, lebih kaya, dan sebagainya dari yang bisa dimiliki. Maka cegah dengan menjaga pandangan mata supaya tidak mudah terhipnotis oleh nikmat dunia.

  • Terus melakukan introspeksi diri,

Ketika suka melakukan introspeksi diri maka biasanya akan mulai mengetahui kekurangan yang dimiliki, dan menyadari jumlahnya lebih banyak. Sehingga kebiasaan baik ini akan membantu Anda lebih rendah hati dan tidak pernah berusaha menyakiti siapapun dengan berbagai tindakan maupun perkataan. Menjaga diri dari kesalahan lebih mudah ketika Anda menyadari dulu kekurangan diri sendiri, sehingga bisa membantu mencegah penyakit hati. Yakni penyakit ain yang dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan rumah dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *