Ibu, Ini Daftar Makanan Penguat Janin di Awal Kehamilan

By | November 8, 2018

 

Saat pertama kali mengetahui kalau sedang hamil, tentu secara otomatis kita menjadi lebih menjaga diri. Tentunya karena awal kehamilan atau pada trimester pertama, kondisi kandungan masih belum sepenuhnya kuat dan sangat rentan terjadi keguguran. Pada trimester pertama ini tentu banyak larangan, misalnya menghindari bepergian naik pesawat terbang, menghindari guncangan, atau mungkin juga jangan terlalu sering naik turun tangga. Dokter pun biasanya juga memberikan vitamin yang berisi asam folat untuk ibu hamil.

Manfaat asam folat untuk ibu hamil memang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Selain itu, fungsi vitamin tersebut bisa digunakan untuk makanan penguat janin di awal kehamilan.

Bahkan, jika pada kondisi tertentu, semisal pernah ada riwayat keguguran atau kandungan lemah, dokter tidak segan untuk menyarankan agar ibu bed rest total di rumah.

Nah, sebagai usaha tambahan, ibu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan penguat janin di awal kehamilan yang alami. Beberapa makanan yang dipercaya dapat menguatkan kandungan antara lain sebagai berikut.

  1. Madu

Sudah tidak diragukan lagi jika madu memiliki banyak khasiat yang sangat mujarab untuk kesehatan. Tidak terkecuali untuk kesehatan ibu dan janin. Madu ini dipercaya bisa menguatkan kandungan ibu. Penggunaan madu bisa digunakan sebagai pengganti gula. Jadi, ibu bisa menambahkan madu pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Misalnya makan roti dengan madu, teh dengan madu, atau bisa juga dengan meminumnya secara langsung satu sampai dua sendok makan per harinya. Tapi jika ibu merasa ragu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk jumlah madu yang boleh dikonsumsi per harinya.

  1. Alpukat

Buah alpukat juga memiliki kandungan lemak, vitamin, dan berbagai mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan, alpukat juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk ibu maupun calon bayi yang ada dalam kandungan.

  1. Sayuran Hijau

Dalam keadaan hamil atau pun tidak, sayuran hijau memang memiliki banyak manfaat. Makanan kaya serat ini dapat memperlancar pencernaan sekaligus memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga berfungsi untuk penangkal radikal bebas penyebab kanker. Ada pun sayuran hijau yang lazim dan aman dikonsumsi untuk ibu hamil antara lain, sawi, bayam, daun katuk, dan brokoli.

  1. Kurma

Buah kurma banyak dikonsumsi oleh banyak orang karena diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh dan memberikan efek segar pada tubuh. Hal ini dikarenakan kurma dapat membantu menaikkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga melancarkan aliran darah serta menghindarkan dari anemia. Terdengar sangat menarik dan bermanfaat bukan?

Tentu kurma pun juga memiliki khasiat yang sama bahkan lebih untuk ibu hamil. Ibu bisa mengonsumsinya langsung dengan mengunyah seperti cemilan atau mengolahnya menjadi bahan tambahan makanan dulu. Bisa juga membeli produk sari kurma. Yaitu kurma yang telah diambil sari atau ekstraknya saja sehingga ibu cukup minum seperti halnya meminum madu.

  1. Makanan laut

Dengan mengonsumsi sea food atau produk makanan laut, dipercaya dapat membantu ibu yang bermasalah dengan kandungan lemah. Misalnya dengan mengonsumsi ikan salmon, udang, dan ikan lainnya yang kaya omega 3 dan 6 akan sangat berperan dalam pertumbuhan otak janin serta memiliki protein yang tinggi. Hindari untuk memakan sea food dalam keadaan mentah. Selain itu, hindari pula untuk makan kerang karena kerang dipercaya memiliki kandungan timbal yang kurang baik untuk tubuh.

  1. Telur

Kandungan protein yang tinggi dan omega 3 yang terdapat dalam telur juga berfungsi sebagai penguat kandungan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak janin. Untuk mengonsumsi telur ini sebaiknya juga dalam keadaan matang untuk menghindarkan dari penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *