Informasi Tentang Penyakit Menular Seksual yang Harus Diketahui Sejak Dini

By | November 6, 2017

Di era yang semakin maju ini, berbagai macam penyakit pun banyak bermunculan. Banyak sekali faktor yang mendasari hal ini mulai dari gaya hidup tidak sehat dan alasan lainnya. Salah satu penyakit yang saat ini sedang marak diperbincangkan karena kasusnya yang terus menerus meningkat adalah penyakit menular seksual atau biasa disingkat PMS atau disebut juga infeksi menular seksual. Penyakit ini biasanya ditularkan dari hubungan seksual secara tidak aman dimana penyebarannya bisa dari sperma, darah hingga cairan tubuh lainnya.

Penyakit seksual sendiri ada yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Untuk mengetahuinya, maka berikut ini ulasannya:

Baca juga: Jenis Penyakit Menular dan Tips Mencegahnya dengan Tepat

  • Penyakit seksual dari bakteri
  • Syphilis – penyakit ini disebabkan bakteri dengan gejala awal adalah dengan munculnya luka di alat kelamin atau di mulut. Awalnya luka ini tidak terasa sakit, namun mudah dalam menularkan infeksinya. Luka ini akan hilang setelah 1,5 bulan dan nantinya akan kembali datang dengan gejala lain yang lebih buruk mulai dari demam, sakit kepala dan lain sebagainya.
  • Gonore – disebut juga dengan kencing nanah dimana disebabkan bakteri juga. Penderita di awal tidak akan merasakan gejala apapun sehingga bahkan penderita tidak tahu dirinya terinfeksi. Namun gejala yang umum di awal adalah dengan rasa sakit ketika buang air kecil dan seringnya buang air kecil. Selain itu penderita juga akan merasakan peradangan di alat kelamin.
  • Chlamydia – jenis penyakit seksual yang satu ini pun disebabkan bakteri dimana penyakit ini yang paling kerap terjadi. Gejalanya diantaranya mulai dari perih dan sakit ketika buang air kecil, nyeri ketika berhubungan seksual hingga menstruasi yang terlalu banyak bagi wanita.
  • Penyakit seksual dari virus

 

  • Herpes genital – penyakit ini disebabkan virus herpes dimana akan muncul setelah beberapa hari penderita terinfeksi. Gejala yang umum adalah dengan luka melepuh dan kemerahan hingga rasa sakit di wilayah genital. Bahkan rasa sakit juga disertai gatal terlebih ketika buang air kecil. Penyakit menular ini cukup berbahaya sehingga wajib segera ditangani.
  • Kutil kelamin – kutil kelamin ini muncul di area kelamin atau dubur dengan munculnya rasa gatal disertai kemerahan dan bahkan bisa berdarah. Kutil bisa tumbuh kecil dan bahkan nantinya bisa semakin banyak dan membesar.
  • HIV – penyakit ini sangat terkenal lantaran belum ada obat hingga saat ini dimana virus menyerang kekebalan tubuh. Alat suntik, transfusi darah hingga seks tidak aman bisa jadi pemicunya.

Itulah beberapa penyakit menular seksual yang paling banyak menjangkit. Kebanyakan sebabnya adalah dari seks tidak aman sehingga ada baiknya untuk setia pada satu pasangan saja dan lakukan seks secara aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *