Ingin Berkarir di Dunia Medis? Berikut Ini Pilihan Profesinya!

By | September 18, 2017

Berkarir di dunia medis menjadi salah satu impian yang dimiliki oleh banyak orang. Hal ini lantaran kini untuk bisa berkarir di dunia kesehatan ini peluangnya semakin terbuka lebar. Dapat disadari jika untuk bisa berkarir di dunia kesehatan memang butuh skill tinggi dan pendidikan yang tak sebentar. Belum lagi biaya pendidikannya yang tinggi sehingga membuat gengsi yang ada di industri kesehatan ini semakin tinggi. Namun jika Anda gagal untuk masuk ke fakultas kedokteran demi bisa meraih impian untuk bisa jadi dokter, maka masih banyak profesi lainnya yang bisa Anda coba.

Kuliah di jurusan kedokteran dan menjadi dokter banyak diimpikan oleh banyak orang. Namun karena banyak alasan, mungkin Anda tidak bisa melanjutkan mimpi tersebut. Tetapi jangan patah semangat karena Anda bisa juga terjun dalam profesi lainnya, seperti:

Baca juga: Ini Dia Pekerjaan Favorit yang Ada di Dunia Medis

  • Perawat

Merawat orang sakit butuh keahlian khusus dan profesi tersebut dimiliki oleh perawat. Ya, jika gagal menjadi dokter, Anda masih bisa mendampingi dokter sebagai perawat. Pendidikan yang harus ditempuh agar bisa jadi perawat adalah sekitar 3 hingga 4 tahun untuk profesional. Spesialisasi perawat ini umumnya juga masing-masing mulai dari merawat anak, merawat syaraf dan lain sebagainya.

  • Bidan

Menolong wanita melahirkan menjadi salah satu profesi yang amat mulia di dunia medis. Jika kesempatan Anda menjadi dokter kandungan seolah susah digapai, Anda masih bisa memilih untuk menjadi bidan. Pendidikan untuk menjadi bidan ini juga sekitar 3 hingga 4 tahun. Selain bisa bekerja di rumah sakit atau klinik umum, bidan bahkan juga bisa membuka klinik nya secara pribadi.

  • Apoteker

Mengurus orang sakit dan menolong orang melahirkan mungkin merupakan pekerjaan berat dan tidak sanggup Anda jalankan. Namun tenang saja karena Anda tetap bisa berkarir di dunia kesehatan yaitu sebagai apoteker. Apoteker harus menempuh pendidikan farmasi selama 4 tahun lalu ditambah lagi dengan pendidikan apoteker 1 tahun lamanya.

  • Ahli gizi

Profesi penting selanjutnya di dunia kesehatan adalah dengan menjadi ahli gizi. Ilmu gizi kini menjadi hal yang amat penting karena menjadi faktor yang mendasari kesehatan manusia. Dengan gizi lengkap dan makanan sehat maka kesehatan bisa didapat. Selain bisa bekerja di rumah sakit, ahli gizi juga berpeluang bekerja di laboratorium, perusahaan dan tempat lainnya.

Itulah beberapa profesi yang ada di dunia medis yang bisa jadi alternatif apabila Anda tidak ingin menjadi dokter. Profesi di dunia kesehatan ini semuanya berat karena mengurus orang sakit dan berhubungan dengan nyawa manusia. Itulah mengapa semua profesi tersebut umumnya disumpah dengan kode etik yang ada sehingga diharapkan tidak dimanfaatkan untuk hal yang merugikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *