Ingin Sehat Tanpa Obat? Ikuti 6 Tips Ini

By | May 16, 2017

Hidup di jaman yang serba kompleks seperti sekarang ini sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit, bahkan sekarang muncul berbagai jenis penyakit yang sulit disembuhkan baik oleh kekebalan imun tubuh ataupun obat-obatan. Lalu bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat tanpa obat dan memiliki kekebalan yang mampu melindungi dari penyakit?

Nah, dalam artikel ini kami akan berbagi tips sehat tanpa obat yang bisa Anda aplikasikan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Kenali Diri Anda

Degan mengenali diri sendiri, kita bisa mengetahui apa yang menjadi kelemahan fisik sehingga bisa memutuskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Contoh yang paling sederhana, sering makan makanan yang mengandung garam (asin) secara berlebihan. Akibatnya tubuh merasa pusing. Nah jika Anda mengetahui kelemahan tubuh, maka Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi pantangan dan diharapkan dapat mengendalikan diri.

  • Tidak Terburu-Buru Merasa Sakit

Jika tubuh merasa tidak nyaman, seperti mengalami bersin-bersin atau flu. Sebaiknya jangan memutuskan cepat-cepatke dokter. Kadang kala ada waktunya penyakit ringan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga hari. Perlu Anda ketahui, tubuh memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri. Namun dengan catatan istirahat dan makan makanan yang bernutrisi. Jika sakit tidak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

  • Makan Makanan Yang Bervariasi

Makan makanan yang bervariasi lebih bermanfaat dibandingkan makan makanan biasa seharihari. Jika kita gunakan jenis makanan sebagai selingan sehari-hari, maka keduanya bisa saling melengkapi. Misalnya, jika biasa makan daging, sebaiknya ubah kebiasaan makan ikan segar, sayuran, tahu tempe dsb.

  • Menyesuaikan Jenis Makanan Sesuai Umur

Jumlah nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada umumur, jenis kegiatan dan kondisi tubuh apakah dalam kondisi sehat atau sakit. Pada anak-anak dan remaja makanan yang mengandung: protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin dan air sangat diperlukan, jadi tidak perlu dibatasi. Berbeda dengan orang dewasa dan yang sudah lanjut usia, ada beberapa zat makanan yang harus dibatasi seperti: karbohidrat dan lemak.

  • Olahraga Secara Teratur

Sudah terbukti dengan olahraga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tujuan olahraga adalah memperlancar peredaran darah dan mempercepat penyebaran impuls urat apda saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya, hasilnya tubuh senantiasa bugar. Jenis olahraga yang dipilih bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

  • Selalu Menjaga Kebersihan

Apabila lingkungan rumah, halaman selalu bersih dengan suasana dan udara yang nyaman dan segar mempengaruhi tubuh dan pikiran lebih segar dan sehat. Kondisi lingkungan yang sehat dapat mencegah tubuh terkena penyakit seperti: alergi debu, flu, stress, frustasi dsb.

Demikian tips sehat tanpa obat yang bisa Anda aplikasikan menjadi gaya hidup yang sehat. Selain itu jangan lupa untuk selalu luangkan waktu untuk istirahat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *