Ini Alasan Masyarakat Lebih Pilih Obat Herbal untuk Menyembuhkan Sakit

By | April 6, 2018

Penyakit bisa datang kapan saja saat sistem imun Anda menurun. Salah satu penyakit yang kerap dialami adalah pilek dan batuk yang kerap terjadi saat musim pancaroba ataupun saat Anda kelelahan. Untuk menyembuhkan diri Anda dari penyakit yang diderita, Anda bisa menggunakan obat yang bisa ditemukan di toko atau apotek namun, tidak jarang yang lebih memilih menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan sakit.

 

Obat tersebut adalah obat yang terbuat dari bahan-bahan yang alami dan biasanya dibuat dengan cara direbus ataupun dibuat sebagai jamu. Terdapat beberapa alasan mengapa masyarakat lebih memilih untuk menggunakan obat alami ini dibandingkan dengan obat yang biasanya ditemukan dan dijual di apotek. Pertama adalah karena sudah tradisi turun temurun. Seseorang akan lebih percaya akan sesuatu jika melihat secara langsung efek dari penggunaan obat tersebut. Sedangkan obat yang terbuat dari bahan yang alami tersebut tentunya sudah digunakan oleh keluarga Anda sebelumnya sehingga menyebabkan Anda memilih untuk menggunakannya juga.

 

Kedua adalah mudah ditemukan dan mudah untuk dibuat. Banyak sumber yang bisa dipergunakan sebagai acuan untuk membuat obat herbal misalnya dengan merebus, menggerus, menghaluskan atau yang lainnya. Selain itu, bahan yang mudah untuk didapatkan dan tentunya lebih murah membuat tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk menggunakan jenis obat yang alami tersebut untuk menyembuhkan sakitnya walaupun waktu penyembuhan bisa lebih lama dibandingkan dengan obat kimia.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal yang Banyak Digunakan

Ketiga adalah tidak adanya efek samping. Jika dibandingkan dengan obat kimia yang ada di apotek ataupun di supermarket, obat yang terbuat dari bahan yang alami ini lebih rendah efek samping yang ditimbulkan. Jikapun terdapat efek samping, biasanya adalah karena orang yang mengkonsumsinya tersebut tidak memperhatikan penyakit yang diderita dan bahan alai yang dipergunakan sehingga bisa membuat penyakit yang lain yang ada di dalam tubuh menjadi lebih parah.

 

Alasan yang lainnya mengapa masyarakat lebih memilih untuk menggunakan obat herbal dibandingkan dengan obat kimia untuk menangani penyakit adalah:

 

  • Bebas racun. Jika Anda mengkonsumsi obat kimia, walaupun memiliki reaksi penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan obat yang alami namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menjadi racun yang bisa memperburuk kondisi tubuh. Karena hal tersebut dibutuhkan pengawasan pengkonsumsiannya sedangkan obat alami walaupun memiliki dosis namun tidak punya resiko jangka panjang untuk tubuh.
  • Bisa membantu detoksifikasi pada tubuh.
  • Multi khasiat. Tidak sedikit obat alami yang digunakan tersebut terbuat dari bahan yang mempunyai khasiat lebih dari 1. Misalnya obat yang terbuat dari jahe, selain bisa membantu untuk menjaga agar tubuh tidak mual dan muntah ataupun untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan, jahe juga bisa membantu untuk menghangatkan tubuh dan bisa dikonsumsi saat cuaca dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *