Ini Dia 4 Gejala Khas dari Kanker Lidah Supaya Bisa Dibedakan dengan Sariawan

By | December 18, 2017

Pernahkah Anda mendengar penyakit kanker lidah? Yang penyakit kanker satu ini terjadi di lidah, dan sekilas gejalanya mirip dengan gangguan sariawan. Sehingga banyak orang salah paham dan menggunakan obat sariawan untuk meredakan gejala kanker yang mulai muncul. Padahal sebagaimana kanker jenis lainnya, ketika kanker di lidah ini dibiarkan dan ditangani dengan pengobatan yang kurang sesuai maka perlahan akan semakin parah. Maka kenali gejala khasnya dengan baik supaya ketika gejala awalnya muncul bisa langsung mengambil tindakan yang tepat.

Gejala Khas Kanker Pada Lidah

Untuk bisa mengatasi kanker secara total maka pengobatan baiknya dilakukan sejak dini, maka kenali gejala awalnya dan segera lakukan pengobatan. Khusus untuk kanker pada lidah maka gejala awalnya yang cukup khas antara lain:

Baca juga: Ulasan Seputar Penyebab dari Kanker Lidah Serta Ciri-cirinya

  • Luka sariawan yang bertahan lama,

Sekilas kanker yang terjadi pada lidah tidak berbeda jauh dengan sariawan ketika masih di tahap awal. Perbedaan akan nampak jelas ketika luka sariawan yang dilihat ternyata bertahan lebih dari seminggu. Kalau merasakan gejala ini baiknya segera memeriksakan diri ke dokter supaya tidak terlambat memberikan pengobatan.

  • Muncul benjolan di area sekitar mulut,

Perbedaan lain antara kanker lidah dengan sariawan biasa adalah munculnya benjolan di area mulut. Benjolan ini muncul sebagai akibat dari sel kanker yang sudah menyerang getah bening sehingga menciptakan benjolan agak keras di mulut. Usai mendapati sariawan yang bertahan cukup lama lakukan pengecekan rutin pada rongga mulut. Ketika didapati ada benjolan dan lumayan banyak meski kecil-kecil maka bisa mendatangi dokter dengan segera, guna memastikan mengalami kanker atau tidak.

  • Mengalami perubahan pada suara,

Sariawan biasa merupakan masalah gangguan kesehatan yang terbilang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya asal makan dengan benar. Namun berbeda dengan kanker yang menyerang lidah, meski sempat terlihat seperti sariawan biasa namun lebih tahan lama. Selain itu selang beberapa lama akan merambah kepada gangguan suara. Sehingga penderitanya bisa merasakan sakit saat berbicara maupun mengalami perubahan suara, sehingga kesulitan untuk mengatakan apa yang ingin diucapkan. Kalau sudah begini maka jangan ragu mendatangi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  • Merasakan sakit pada saat menelan makanan dan minuman,

Sariawan tentunya tidak akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk menelan makanan, kecuali pada saat mengunyah. Sebab sariawan menimbulkan peradangan pada lidah maupun bibir sehingga tetap nyaman saat makanan ditelan. Berbeda dengan kanker pada lidah yang kerap membuat penderitanya kesulitan untuk menelan makanan maupun minuman, dimana akan terasa sangat sakit. Gejala ini tentu wajib diwaspadai karena kemungkinan besar merupakan kanker lidah yang butuh penanganan intensif, segera datangi atau hubungi dokter langganan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *