Ini Dia 4 Jenis Penyakit Kulit yang Tergolong Berbahaya

By | February 19, 2018

Menderita penyakit kulit dijamin akan membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas, karena seringnya ditunjukkan dengan rasa gatal sampai panas. Kulit yang mengalami masalah kesehatan serius tentu wajib ditangani dengan tepat sebab bisa semakin parah dan memicu komplikasi. Belum lagi dengan adanya resiko menular ke orang terdekat, salah satunya kepada keluarga sendiri yang membantu merawat Anda. Maka jangan sampai memberikan penyakit pada orang yang di sayangi sehingga wajib segera di periksakan karena semakin dini diobati semakin mudah disembuhkan.

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Pada Kulit yang Berbahaya

Jenis dari penyakit pada kulit ini ada banyak namun ketika dipecah-pecah ke dalam beberapa kategori otomatis akan menjumpai penyakit berbahaya dan ringan. Berikut merupakan beberapa jenis yang tergolong berbahaya dan perlu segera diatasi:

  • Penyakit bisul,

Siapapun Anda tentu kenal dengan penyakit kudis yang termasuk penyakit yang menyerang kesehatan kulit. Penyakit ini ditandai dengan muncullah bentolan kemerahan pada kulit disertai adanya nanah dan disebabkan oleh bakteri Staphilococcus aureus. Meskipun sepele namun jika dibiarkan akan semakin melebar dan terasa menyakitkan, maka perlu segera diatasi dengan di periksakan ke dokter untuk mendapatkan antibiotik yang tepat.

  • Penyakit kurap,

Kurangnya perhatian untuk menjaga kebersihan badan menjadi faktor utama yang memicu terjadinya penyakit kulit. Meskipun tidak semua namun mayoritas disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit ketika kebersihan badan kurang diperhatikan. Salah satunya adalah kurap yang ditandai dengan adanya bercak kemerahan dan membentuk lingkaran pada kulit di area tertentu. Terasa gatal dan kasar kemudian pedas atau panas dan baiknya segera diberi obat dari dokter kalau tidak mau semakin parah dan merembet ke seluruh tubuh.

Baca juga: Cara Mudah untuk Cegah Kehadiran Penyakit Kulit Secara Efektif

  • Penyakit kudis,

Selain disebabkan oleh jamur, beberapa penyakit yang menyerang kulit juga sering disebabkan serangan bakteri. Selain bisul ada pula penyakit kudis yang berbentuk seperti bercak kemerahan dengan bentuk tidak merata pada bagian kulit tertentu. Seringnya terjadi pada kaki dan ketika tidak diatasi akan terus melebar dan merembet. Bakteri yang menyebabkan kudis ini adalah sarcoptes scanbievar, dan untuk mencegahnya adalah dengan rajin menjaga kebersihan. Apalagi kudis termasuk penyakit pada kulit yang mudah menular maka wajib dicegah.

  • Penyakit eksim,

Eksim juga termasuk penyakit pada kulit yang tergolong berbahaya, dikatakan berbahaya karena mudah menular dan kambuhan. Mayoritas penderita eksim memiliki alergi pada makanan atau jenis alergi tertentu yang menunjukan gejala alergi pada kulit. Otomatis eksim ini sulit untuk disembuhkan, namun meskipun sulit bukan berarti tidak bisa disembuhkan sama sekali. Kuncinya adalah menjaga kebersihan badan dan melakukan pengobatan rutin, manfaatkan asuransi kesehatan yang tersedia di masyarakat. Supaya masalah penyakit kulit ini bisa diatasi sampai tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *