Ini Dia Beberapa Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui

By | May 24, 2018

Ginjal merupakan bagian tubuh yang penting dan mempunyai peran untuk membuat tubuh tetap sehat. Ginjal sendiri merupakan organ yang mempunyai dua buah dengan bentuk seperti kacang merah dan berada di bagian kedua sisi bagian punggung bawah dan berada di sekitar bawah tulang rusuk. Ginjal ini mempunyai banyak fungsi yaitu dapat untuk menyaring limbah tubuh, menjaga keseimbangan kadar garam dan cairan, menghasilkan erythropoietin, menghasilkan rennin, dan juga dapat untuk menghasilkan senyawa aktif untuk kesehatan tulang. Akan tetapi ketika ginjal terganggu maka tentu tidak bisa untuk menjalankan tugasnya dengan maksimal dan akan terjadi masalah pada ginjal. Tubuh nantinya akan mengalami penyakit ginjal yang bisa dibedakan dari jenisnya. Misalnya beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang ginjal adalah sebagai berikut:

Ini Dia Beberapa Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui

  • Infeksi ginjal

Jenis penyakit pertama yang dapat untuk menyerang ginjal adalah terjadinya infeksi. Infeksi ini dapat terjadi karena adanya bakteri yang ada pada kandung kemih dan menyebar naik ke bagian salah satu ginjal Anda. Sehingga hal tersebut akan memunculkan infeksi yang menyerang ginjal karena komplikasi pada saluran kemih. Oleh karena itulah pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kandung kemih agar dapat menghindari infeksi yang terjadi pada ginjal dan komplikasi pada kandung kemih.

  • Batu ginjal

Penyakit lainnya yang bisa menyerang ginjal adalah terkena batu ginjal. Penyakit ginjal yang satu ini tentunya sudah sering didengar oleh masyarakat karena banyak masyarakat yang terkena penyakit yang satu ini karena beberapa penyebabnya. Penyakit batu ginjal ini sendiri terjadi karena adanya garam dan juga mineral yang mengeras dan tertimbun di dalam ginjal. Sehingga membuatnya menjadi penyakit batu ginjal yang diketahui. Hal tersebut bisa terjadi karena terjadinya kerusakan akan fungsi ginjal yang harusnya menyaring garam dan juga mineral. Selain itu hal tersebut juga terjadi karena urine yang terlalu pekat sehingga menyebabkan garam dan mineral yang mengkristal.

  • Gagal ginjal akut

Dan jenis penyakit selanjutnya yang dapat menyerang bagian ginjal adalah gagal ginjal yang akut. Penyakit ini akan menyebabkan kondisi ginjal yang tidak bisa untuk menjalankan fungsinya secara normal. Dan pada umumnya jenis penyakit gagal ginjal akut dapat menyebabkan menumpuknya garam dan zat kimia di dalam tubuh. Sehingga akan berakibat pada fungsi organ tubuh yang lain dan tentunya sangat berbahaya apabila tidak diatasi dengan segera.

Baca juga Inilah 5 Jenis Tanaman Obat Tradisional yang Berkhasiat Ampuh untuk Kesehatan

  • Ginjal kronis

Dan jenis penyakit ginjal terakhir adalah ginjal kronis yang merupakan penyakit karena fungsi ginjal yang tidak bisa digunakan selama 3 bulan atau juga terjadi penurunan fungsi ginjal tersebut. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti sesak nafas, mual, dan juga kelelahan. Akan tetapi biasanya penderita tidak menyadari gejalanya hingga kondisinya sudah parah dan dalam stadium lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *