Ini Dia Kebiasaan yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Agar Berat Badan Bertambah

By | January 22, 2018

Banyak orang yang menginginkan untuk memiliki badan ideal dengan menurunkan berat badan, namun, tidak sedikit yang menginginkan untuk menaikkan berat badan. Untuk menaikkan berat badan tidak hanya harus berolahraga namun juga harus mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan berat badan. Biasanya naiknya berat badan akan diimbangi dengan meningkatkan nafsu makan dan Anda bisa melakukan kebiasaan ini terutama untuk menambah berat badan.

Pertama adalah jangan meninggalkan sarapan. Banyak yang meninggalkan sarapan karena waktunya yang mepet atau karena malas dan tidak terbiasa sarapan. Sarapan tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan namun juga mempertahankan nafsu untuk makan. Anda bisa mengkonsumsi sereal yang diberi susu, ataupun roti gandum dengan selain kacang, atau yogurt.

Kedua adalah dengan menyiapkan menu kesukaan Anda. Nafsu makan akan mudah untuk timbul jika Anda menyiapkan dan mengkonsumsi makanan yang Anda sukai sehingga tanpa menunggu waktu makan pun Anda akan langsung makan. Akan tetapi, pastikan makanan tersebut merupakan makanan yang tidak termasuk sebagai list makanan yang harus Anda hindari agar tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat walaupun berat badan Anda bertambah.

Baca juga: Tips Tingkatkan Nafsu Makan Si Kecil dengan Mudah dan Cepat

Ketiga adalah sering makan namun dengan porsi yang sedikit. Umumnya, orang akan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak namun jarang misalnya hanya 3x sehari. Cara tersebut sebenarnya dapat membuat perut menjadi cepat penuh sehingga nafsu untuk makan menjadi menurun. Untuk meningkatkan nafsu untuk makan, Anda bisa memulainya makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit. Anda bisa menyesuaikan pola makan ini misalnya makan lebih banyak di siang hari atau di sore hari. Jika memilih saat siang hari, Anda bisa membagi porsi makan siang Anda menjadi 2 kali sesi dengan waktu berselang sekitar 1-2 jam.

Kebiasaan yang lainnya yang dapat membantu menambah nafsu makan yang dapat menaikkan berat badan, yaitu:

  • Menyiapkan camilan dengan bahan makanan yang sehat. Tidak sedikit orang yang cenderung memilih untuk ngemil dibandingkan dengan makan besar. Karena hal tersebut, untuk menaikkan berat badan serta agar badan tetap mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, agar tidak mengganggu waktu makan besar sebaiknya waktu untuk mengkonsumsi cemilan berjauhan dari jam makan utama.
  • Hindari terlalu banyak makan makanan yang berserat. Walaupun makanan berserat bagus untuk pencernaan namun terlalu banyak bisa menyebabkan Anda cepat kenyang sehingga malas makan.
  • Hindari untuk mengkonsumsi makanan dengan aroma yang kuat misalnya hindari mengkonsumsi durian ataupun menggunakan bawang putih terlalu banyak walaupun bawang putih merupakan bumbu masak utama.
  • Menggunakan bumbu penyedap. Anda bisa menambahkan bumbu rempah dengan aroma yang bisa menambah selera untuk makan. Misalnya Anda mencampurkan kayu manis sebagai rempah penambah nafsu untuk makan yang alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *