Ini Dia Penyebab Bintik Merah pada Bayi Baru Lahir

By | October 28, 2018

 

Menjadi seorang ibu baru tentu menjadi fase yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Belum lagi kita harus beradaptasi pada kondisi baru yang mengharuskan ibu menjadi lebih peka terhadap bayinya yang baru lahir. Namun terkadang, kepekaan ibu terhadap kondisi bayinya ini menimbulkan kekhawatiran yang berlebih. Salah satu permasalahan yang banyak dihadapi seorang ibu baru adalah munculnya bintik merah pada bayi baru lahir. Bintik merah ini sering diasosiasikan dengan ruam kulit. Kondisi ini pun membuat ibu khawatir dan menduga duga apa penyebab bintik merah pada bayi baru lahir tersebut.

Kulit bayi memang jauh lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Kulit bayi rentan terhadap paparan apapun. Penyebab timbulnya bintik bintik merah tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai macam kemungkinan. Faktor paling sering adalah karena cuaca yang panas, lembap, maupun alergi debu.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab bintik merah yang paling sering ditemui pada bayi baru lahir.

  1. Alergi

Penyebab paling umum dari bintik merah adalah reaksi alergi. Reaksi alergi ini biasanya merupakan faktor keturunan dari orangtuanya. Jika orangtuanya memiliki alergi terhadap suatu alergen, kemungkinan akan menurun ke anaknya sekitar lebih dari 50%. Alergi ini bisa disebabkan banyak hal alergen, mulai debu, cuacam hingga ASI yang dikonsumsi bayi.

Ada baiknya ibu memulai dengan memastikan bahwa lingkungan kamar tempat tidur bayi bersih dan meminimalkan debu. Jika masih belum berkurang, tidak ada salahnya ibu memeriksakan tes alergi pada bayi untuk mencari penyebab alergi. Jika penyebabnya berasal dari bahan makanan tertentu, maka ibu pun harus menjaga pola makan dan menghindari bahan makana tersebut. Hal ini dikarenakan apa yang ibu makan akan diserap pula oleh bayi ibu dalam bentuk ASI.

Reaksi alergi bintik bintik merah kecil ini sebenarnya termasuk kategori alergi ringan. Ibu patut waspada jika kulit bayi membengkak dan melepuh. Penyebab alergi pada kulit yang lainnya bisa jadi berasal dari deterjen pencuci baju atau bahan dari baju itu sendiri. Oleh karena itu, ibu lebih baik menggunakan produk produk khusus yang memang diformulasikan khusus kulit bayi yang sensitif

  1. Biang Keringat

Biang keringat menempati urutan nomor dua untuk kasus bintik merah yang terjadi pada bayi. Bintik merah ini bisa timbul di sekujur tubuh, namun bisa jadi hanya pada bagian tubuh tertentu seperti punggung, leher, dan jidat.

Biang keringat terjadi karena adanya sumbatan pada pori pori kulit yang menyebabkan keringat tidak bisa keluar sempurna. Salah satu pemicunya adalah cuaca yang panas dan lembab. Ditambah kita hidup di negara tropis sehingga biang keringat menjadi permasalahan yang cukup umum terjadi.

Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa memberikan bahan pakaian yang dingin kepada buah hati. Pilihlah jenis kain yang dapat menyerap keringat seperti katun contohnya. Selain itu juga berikan pakaian yang longgar.

  1. Ruam popok

Penyebab lain yang mungkin menimbulkan bintik bintik merah pada kulit adalah ruam popok. Hal ini diakibatkan dari kualitas popok yang kurang baik, terlalu sempit, atau bisa jadi popok terlalu lama digunakan. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan selektif memilih popok untuk bayi. Selain merk, ukuran untuk bayi juga harus diperhatikan. Jangan ragu pula untuk memberikan krim untuk mengatasi ruam popok. Selain itu, pastikan saat memakaikan popok ke bayi jangan terlalu kencang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *