Ini Dia Perawatan Kulit Berdasarkan Pada Jenisnya

By | October 30, 2017

Kondisi kulit menunjukkan kesehatan pada tubuh Anda. Agar bisa menjaganya tetap sehat serta segar, Anda harus memahami cara untuk perawatan kulit yang tepat dan benar sesuai jenisnya. Kulit merupakan organ terluar dan luas. Kulit akan mencegah tubuh mengalami infeksi, dehidrasi, dan menjaga suhu tubuh menjadi tetap stabil. Kulit akan membuat Anda merasa dingin, sakit dan panas. Bahkan ikut memproses vitamin D yang berasal dari sinar matahari. Jenis kulit sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda sesuai karakteristik.

Pertama, kulit kering. Kulit kering biasanya tidak elastis dibandingkan dengan jenis kulit yang lain. Jenis kulit ini cenderung terlihat lebih kusam, mudah gatal dan berkerut. Pajanan sinar matahari, dan air panas bisa memperparah kondisi dari jenis kulit ini. Untuk merawat kulit kering, ada beberapa panduan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Baca juga: Tips Cantik : Perawatan Kulit Untuk Menutupi Pori-pori Besar

  • Menggunakan sabun serta produk pembersih yang memiliki kandungan yang ringan,
  • Lebih baik tidak berlama-lama ketika mandi,
  • Jangan menggunakan gerakan menggosok ketika mandi,
  • Oleskan pelembab sesudah mandi, ulangi setiap kulit terasa kering, sebisa mungkin gunakan sarung tangan saat menggunakan detergen,
  • Usahakan suhu dalam ruangan tidak panas.

Ada juga kulit berminyak. Kondisi kulit ini bisa berubah dari masa ke masa, tergantung dari beberapa hal seperti keseimbangan hormon, stress hingga pubertas. Namun jangan cemas, tetap saja ada cara untuk perawatan kulit jenis ini seperti menggunakan produk perawatan untuk kulit yang tidak menyebabkan sumbatan pori, mencuci wajah saat berkeringat, jangan memencet jerawat ketika muncul di kulit, jangan menggosok kulit saat mandi. Walaupun kulit berminyak, namun kulit ini tetap membutuhkan pelembab ringan. Apalagi penggunaan produk yang membuat kulit kering. Selain itu pergunakan lotion yang mempunyai kandungan air lebih tinggi.

Ketiga, kulit kering. Disebut sebagai kulit normal karena tidak mengandung banyak minyak dan tidak kering. Kulit ini lebih sedikit mengalami masalah, pori-pori seperti tidak terlihat dan tidak sensitif secara berlebihan. Lindungi kulit dengan mengoleskan pelembab sepanjang hari. Untuk perawatan, cara merawatnya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih moisturizer dengan bahan dasar air agar terasa tidak lengket.

Terakhir, kulit sensitif. Kulit ini sering ditandai dengan gejala seperti gatal, terbakar, kering serta kemerahan. Cara mengatasi gejala kulit ini dengan menghindari pemicunya, selain itu Anda bisa melakukan panduan cara perawatan kulit sensitif. Kulit sensitif disarankan menggunakan pembersih dengan bahan dasar yang lembut, jangan menggunakan produk yang memiliki kandungan alkohol, pewangi hingga asam. Produk yang memiliki bahan dasar alami bisa dijadikan sebagai pilihan. Secara umum, cara perawatan pada kulit untuk seluruh jenis kulit kurang lebih sama. Anda harus menghindari minuman beralkohol dan rokok. Jangan lupa mencukupi kebutuhan tidur dan tabir surya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *