Ini Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Sering Terlupakan

By | November 9, 2018

Menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir memang menyenangkan, tetapi sekaligus juga merepotkan. Ada banyak sekali daftar barang peralatan bayi baru lahir yang harus dibeli. Mulai dari pakaian ibu dan bayi, hingga keperluan peralatan mandi. Tidak jarang, ada beberapa barang yang terlewat dibeli padahal sangat penting untuk dimiliki. Kira kira apa saja ya kebutuhan bayi baru lahir yang sering terlewat?

Berikut adalah daftarnya.

Krim diaper

Kulit bayi yang sangat sensitif sangat rentan terhadap iritasi kulit. Iritasi ini bisa disebabkan berbagai macam hal. Namun penyebab iritasi paling sering adalah yang disebabkan oleh diaper atau yang jamak dikenal dengan istilah ruam popok. Ruam popok ini terjadi bisa karena ibu yang tidak sering mengganti diaper yang sudah penuh dengan kotoran urin atau bisa juga bayi tidak cocok dengan merk diaper tertentu. Ruam popok ini ditandai dengan kemerahan di sekitar area yang tertutupi oleh diaper. Ruam popok ini sangat mungkin menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman pada bayi sehingga membuat bayi menjadi rewel. Oleh karena itu, ibu harus menyediakan krim diaper untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

Plester dan kain kassa untuk pusar

Saat bayi baru lahir, hingga kurang lebih 10 hari ke depan, tali pusar dari bayi masih menempel. Nah, tali pusar ini sering dianggap sebagai sesuatu yang remeh. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik, bayi juga rawan infeksi. Oleh karena itu, setidaknya ibu perlu menyiapkan kain kassa dan plester untuk membalut tali pusar agar tidak terkena gesekan dari baju bayi. Tidak perlu banyak, cukup sediakan satu pak kecil saja karena setelahnya tali pusar akan terlepas.

Baby wipes (tisu basah khusus bayi) dan Kain lap (washlap)

Bayi sering kali terkena tumpahan sesuatu. Entah itu dari ASI atau dari air liurnya sendiri. Hal ini menyebabkan baju bayi menjadi basah dan bayi merasa tidak nyaman. Agar kulit bayi senantiasa sehat dan terhindar dari iritasi, ibu harus menggunakan tisu basah yang memang khusus untuk bayi atau kain lap yang lembut. Tisu basah yang khusus untuk bayi biasanya tidak mengandung alkohol dan terasa lembut. Begitu pula dengan washlap. Penggunaan lain dari washlap adalah bisa digunakan untuk menyeka bayi saat mungkin bayi sedang sakit dan tidak memungkinkan untuk mandi.

Gunting kuku bayi

Seiring pertumbuhan si kecil dalam rahim hingga keluar ke dunia, organ tubuh bayi juga berkembang, termasuk rambut dan kuku. Ini membuat ketika bayi lahir, bayi juga bisa memiliki rambut yang lebat dan kuku yang panjang. Jika kuku ini tidak segera dipotong, kuku dapat berpotensi menimbulkan luka cakaran baik pada wajah maupun pada bagian tubuh bayi lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan gunting kuku bayi juga sebelum bayi lahir. Ada pun gunting kuku ini memang khusus bentuknya mengikuti bentuk jari dan kuku bayi yang masih sangat imut. Jadi, jangan sekali-kali menggunakan potong kuku dewasa karena rawan membuat jari dan kuku bayi terluka.

Itu dia beberapa peralatan bayi yang sering terlewat membeli. Memang kita sebagai calon ibu harus cermat dalam membeli barang-barang kebutuhan buah hati. Berhemat itu perlu, namun juga jangan sampai barang-barang penting jadi terlewat.

Simak tips cermat berbelanja kebutuhan menjelang kelahiran buah hati dengan mengikuti tautan berikut https://review.bukalapak.com/mom/cermat-belanja-perlengkapan-bayi-dengan-ikuti-5-langkah-ini-36703

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *