Inikah Bahaya HP bagi Kesehatan?

By | November 22, 2018

( Foto : Aha Now )

Dewasa ini banyak sekali orang yang mulai khawatir akan efek radiasi HP yang mungkin dapat merugikan kesehatan. Tapi bagaimanapun, hidup tanpa HP sama sekali nampaknya hampir tidak mungkin untuk dijalankan di zaman sekarang ini, di mana semua kebutuhan dan lancarnya aktivitas bisa dilakukan via genggaman saja.

Penelitian mengatakan, HP mengeluarkan energi frekuensi radio dalam bentuk radiasi gelombang elektromagnetik non-ionisasi. Yang mana gelombang jenis ini kemungkinan dapat diserap oleh jaringan tubuh manusia yang dekat dengan gawai tersebut. Maka dari itu, bahaya HP bagi kesehatan sangat ditakuti, karena kemungkinan dapat menyebabkan banyak penyakit dan gangguan kesehatan, apalagi bagi bayi, balita, dan ibu hamil, selengkapnya baca di sini.

Karena pemakaian HP ini semakin intens dilakukan manusia modern sekarang ini, maka beberapa gangguan kesehatan seringkali dikaitkan dengan paparan radiasi dari gawai tersebut. Dan benarkah hal-hal di bawah ini merupakan efek dari bahaya HP bagi kesehatan?

  1. Menghambat aliran darah menuju otak

Banyak pihak yang mengatakan jika paparan radiasi dari HP dapat menghambat laju darah ke otak. Ya, meskipun belum ada hasil penelitian yang benar-benar memastikan hal tersebut, tapi nggak ada salahnya kan membatasi tatapan mata anda ke arah HP? Karena kalaupun penelitian membuktikan bahwa paparan radiasi HP tidak begitu saja menghambat aliran darah ke otak, tapi masih ada penyakit lain yang mengintai jika Anda menggunakan HP secara berlebihan.

 

  1. Ketidaksuburan pada pria

Walaupun penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah radiasi dari HP dapat mempengaruhi kesuburan pria masih menghasilkan kesimpulan yang beragam, tapi tidak ada salahnya Anda melakukan tindakan preventif dengan tidak menaruh HP di dalam kantong celana. Karena ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa radiasi dari HP mungkin saja dapat menurunkan kualitas sperma dan meningkatkan stres oksidatif.

 

  1. Penyebab kanker

Kanker otak juga dipercaya beberapa orang dapat disebabkan karena radiasi HP. Namun demikian, isu tersebut juga ternyata belum didukung oleh data, fakta, dan bukti yang menguatkan.

Kanker biasanya muncul karena pertumbuhan tumor yang tidak terkendali. Memang, beberapa jenis radiasi terbukti dapat meningkatkan risiko kanker, tapi radiasi yang dihasilkan oleh HP tentu saja tidak sekuat itu. Tapi walaupun demikian, bukan berarti Anda boleh menggunakan HP semaunya, ya.

 

  1. Berefek buruk pada ibu hamil

Dikatakan bahwa radiasi HP dapat mempengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi  sel saraf otak pada janin. Bukan hanya itu, anak yang lahir dari ibu yang ketika hamil terpapar radiasi HP diduga dapat mengalami gangguan perilaku seperti hiperaktif, sulit bergaul, dan tidak memiliki kepekaan diri.

Tapi ada pula penelitian yang mengatakan bahwa radiasi HP tidak serta-merta mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk juga kemampuan berbicara.

Namun demikian tetap saja Anda perlu berhati-hati, ya. Jangan pernah secara sengaja ataupun tidak, meletakkan HP di atas perut ketika sedang hamil.

 

  1. Berdampak pada anak-anak

Menurut teori, anak-anak akan lebih rentan terpapar radiasi HP dibanding orang dewasa. Hal ini karena tengkorak anak-anak lebih tipis, dan jaringan otak anak-anak dapat menyerap dengan lebih mudah. Selain itu, ukuran tubuh anak-anak juga lebih kecil. Tetapi pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak masih perlu diteliti lebih jauh lagi.

( Foto : In Habitat )

Bagaimanapun, membiarkan anak tergantung pada gadget pun bukan lah sikap yang bijak.

Jadi pada dasarnya, bahaya HP bagi kesehatan yang disebabkan oleh paparan radiasi masih merupakan sebuah perkiraan dan kemungkinan. Masih perlu diteliti lebih lanjut lagi, masih perlu data yang valid lagi untuk dapat ditarik sebuah kesimpulan.

Meski begitu, akan sangat bijak jika kita sedikit membatasi frekuensi penggunaan HP, demi kesehatan, terutama untuk ibu hamil, bayi, dan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *