Inilah 5 Jenis Tanaman Obat Tradisional yang Berkhasiat Ampuh untuk Kesehatan

By | May 15, 2018

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang memiliki beragam jenis tumbuhan. Salah satunya adalah tanaman rempah-rempah yang sekaligus dapat menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan, berbagai tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan secara tuntas baik jenis penyakit dalam maupun luar. Akan tetapi, sayangnya saat ini semakin sedikit orang yang menggunakan jenis tanaman obat ini dan lebih memilih untuk menggunakan jenis obat-obatan moderen. Padahal mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang juga tidak akan bagus untuk kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit lain.

Inilah 5 Jenis Tanaman Obat Tradisional yang Berkhasiat Ampuh untuk Kesehatan

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis tanaman obat yang tumbuh diberbagai daerah. Masing-masing memiliki resep tersendiri jika ingin mengolah tanaman herbal menjadi obat yang berkhasiat. Kelebihan mengkonsumsi jenis obat yang terbilang masih sangat alami dan tradisional ini yaitu tidak memiliki efek samping apapun. Selain itu, mengetahui berbagai tanaman obat herbal alami yang ampuh dalam mengobati berbagi macam penyakit juga dapat menghilangkan ketergantungan Anda pada jenis obat-obatan kimia. Dan berikut ini adalah 5 jenis tanaman obat yang ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, yaitu:

  • Temu lawak.

Temulawak telah diakui sebagai tanaman rempah asli khas Indonesia yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti gangguan ginjal, menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan hati.

  • Lidah buaya.

Tanaman obat tradisional yang kedua adalah lidah buaya. Tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sejuta manfaat, karena memiliki banyak sekali khasiat ampuh mulai dari kecantikan seperti menghilangkan jerawat, menyehatkan rambut dan mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, radang tenggorokan, sembelit dan penyakit jantung.

  • Belimbing wuluh.

Belimbing wuluh sering disebut juga sebagai belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masakan supaya masakan tersebut memiliki rasa asam yang kuat. Mulai dari buah, batang, daun serta bunga tanaman belimbing jenis ini dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, sariawan, gondongan, sakit gigi dan pegel linu.

  • Kumis kucing.

Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini sudah dikenal lama sebagai salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai campuran ramuan herbal. Tanaman ini dikenal ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit seperti kencing batu, rematik, batuk, asam urat, masuk angin dan hipertensi.

  • Keji beling.

Tanaman keji beling sangat populer di kalangan para peracik obat herbal. Semua bagian tanaman ini bahkan bisa dimanfaatkan sebagai obat ampuh yang dapat mengobati penyakit seperti diare, batu ginjal, liver, maag, menurunkan kolesterol dan sebagai penangkal kencing manis.

Baca juga Tips Mengkonsumsi Obat Tradisional Herbal dengan Aman

Selain aman dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping apapun, semua jenis tanaman obat tradisional ini juga mudah ditemui dan dapat tumbuh serta berkembang biak dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *