Inilah Alasannya Mengapa Imunisasi Bayi Tidak Boleh Diabaikan

By | October 4, 2018

Imunisasi juga disebut vaksinasi atau suntikan yang menjadi cara penting untuk melindungi kesehatan bayi. Vaksinasi dapat mencegah lebih dari sekian banyak penyakit serius. Kegagalan vaksinasi dapat berarti menempatkan anak-anak pada resiko penyakit serius dan kadang-kadang fatal. Bayi sangat rentan terhadap infeksi sehingga itulah mengapa sangat penting untuk melindungi mereka dengan imunisasi bayi. Imunisasi membantu mencegah penyebaran penyakit dan melindungi bayi dan balita melawan komplikasi berbahaya.

 Inilah Alasannya Mengapa Imunisasi Bayi Tidak Boleh Diabaikan

Imunisasi adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi bayi mereka dari 14 penyakit serius pada masa kanak-kanak sebelum usia 2. Beri vaksinasi pada anak Anda sesuai dengan jadwal imunisasi yang direkomendasikan untuk perlindungan penyakit yang terbukti aman. Penyakit yang mencegah vaksin dapat menjadi sangat serius bahkan mematikan terutama untuk bayi dan anak kecil. Vaksin mengurangi resiko infeksi pada anak Anda dengan bekerja dengan pertahanan alami tubuh mereka untuk membantu mereka dengan aman mengembangkan kekebalan terhadap penyakit. Imunisasi telah membantu meningkatkan kesehatan anak-anak. 

Kebanyakan orang tua hari ini tidak pernah melihat langsung konsekuensi yang menghancurkan yang dapat dicegah oleh penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin pada keluarga atau komunitas. Meskipun sebagian besar penyakit ini tidak umum namun mereka masih ada di seluruh dunia, jadi penting untuk melindungi anak Anda dengan melakukan imunisasi bayi. Salah satu contoh keseriusan penyakit yang bisa dicegah oleh vaksin adalah peningkatan kasus batuk rajam (pertusis) dan wabah yang dilaporkan selama beberapa dekade terakhir. Kasus campak dan wabah masih terjadi berkat vaksin yang efektif, campak tidak umum lagi, tetapi penyakit ini masih umum di banyak bagian dunia. 

Campak dapat menyebar dengan mudah ketika mencapai komunitas dimana kelompok orang tidak di vaksinasi. Penyakit ini bisa serius dan dapat menyebabkan pneumonia, encephalitis (pembengkakan otak), dan bahkan kematian. Anak-anak kecil berada pada resiko tertinggi untuk komplikasi serius dari campak. Vaksinasi bayi Anda sesuai dengan jadwal imunisasi yang disarankan memberinya perlindungan terbaik terhadap 14 penyakit serius pada masa kanak-kanak seperti campak dan batuk rajam sebelum ia berusia 2 tahun. Jadwal yang disarankan dirancang untuk melindungi bayi dan anak-anak sejak dini, ketika mereka paling rentan dan sebelum mereka terpapar pada penyakit yang berpotensi membahayakan jiwa. 

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Vaksinasi tidak hanya melindungi anak Anda dari penyakit mematikan, seperti polio, tetanus, dan difteri, tetapi mereka juga menjaga anak-anak lain tetap aman dengan menghilangkan atau sangat mengurangi penyakit berbahaya yang biasanya menyebar dari anak ke anak. Ketika anak-anak terkena penyakit dalam bentuk vaksin, sistem kekebalan mereka, yang merupakan mesin pemacu kuman tubuh, mampu membangun antibodi yang melindungi mereka dari tertular penyakit jika dan ketika mereka terkena penyakit yang sebenarnya. Oleh sebab itulah pentingnya melakukan imunisasi bayi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *