Inilah Jenis Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

By | September 14, 2018

Sejak dahulu, nenek moyang bangsa Indonesia memang sudah menggunakan berbagai tanaman yang dipercaya ampuh sebagai obat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan saat ini berbagai tanaman tersebut masih banyak digunakan dan banyak dipilih sebagai obat dibandingkan obat-obatan modern. Sebab obat-obatan modern ternyata banyak yang mengandung bahan-bahan kimia sehingga jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh. Selain itu, mengobati penyakit dengan tanaman obat dianggap lebih hemat serta mudah untuk diperoleh. Bagi anda yang ingin tahu apa saja tanaman sebagai obat yang sudah populer di Indonesia maka berikut penjelasannya.

Inilah Jenis Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

  1. Daun Kumis Kucing
    Daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat yang sudah sangat populer di Indonesia sejak dahulu hingga sekarang ini. Daun kumis kucing juga mudah anda temukan di berbagai wilayah di Indonesia dan bisa anda tanam sendiri di halaman rumah.Dibalik bentuknya yang cantik ternyata tanaman ini memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi kencing batu serta membantu memperlancar saluran kemih. Daun kumis kucing juga bermanfaat untuk mengobati asam urat, rematik, diabetes hingga hipertensi sehingga sebaiknya anda perlu menanam sendiri.
  2. Lidah Buaya
    Lidah buaya memang sangat erat dengan kecantikan rambut dan kulit para wanita dengan memanfaatkan lendir atau gel lidah buaya. Namun selain itu ternyata daging lidah buaya juga ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit mulai dari diabetes, radang tenggorokan hingga sembelit. Selain itu, daging lidah buaya juga bisa dikonsumsi ditambah gula dan es batu sehingga bisa menyegarkan tenggorokan.
  3. Belimbing Wuluh
    Dibalik rasanya yang sangat asam ternyata belimbing menjadi salah satu tanaman obat yang ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit. Selama ini, banyak orang yang mengkonsumsi buah belimbing sebagai bahan masakan untuk menambah citarasa. Namun buah belimbing ini juga berkhasiat sebagai obat diantaranya untuk mengatasi rematik, gondongan, pegel linu, gusi berdarah dan sakit gigi. Bahkan tak hanya buahnya saja, ternyata batang dan daun belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan.
  4. Temulawak
    Temulawan merupakan tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu. Biasanya bagian akar serta daging temulawak sering dijadikan sebagai bahan obat alami. Sebagai tanaman obat, termulawak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan diantaranya untuk mengobati gangguan ginjal, menguatkan jantung serta menjaga kesehatan hati.
  5. Jahe
    Jahe merupakan jenis tanaman obat yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain sering digunakan sebagai bahan minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin, ternyata jahe juga bisa membantu meredakan batuk.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Demikianlah penjelasan mengenai jenis tanaman obat yang populer di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Selain beberapa jenis tanaman di atas sebetulnya masih banyak lagi jenis tanaman untuk obat yang ada di Indonesia. Tentunya tanaman-tanaman tersebut mudah diperoleh dan sudah terbukti khasiatnya sehingga anda tak perlu ragu untuk menggunakannya sebagai obat untuk keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *