Inilah Kandungan Kacang Almond yang Bermanfaat untuk Kehamilan

By | December 4, 2018

 

( Foto : Health Ista )

 

Berbagai produk susu hamil dari susu sapi telah banyak di pasaran, bahkan sudah sangat lekat di pikiran seluruh masyarakat. Padahal untuk nutrisi kehamilan, susu sapi bukanlah satu-satunya pilihan, masih ada pilihan lainnya. Salah satunya adalah susu almond. Manfaat susu almond untuk ibu hamil tidak kalah dari susu sapi. Susu almond juga bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan janin, kesehatan sang ibu, dan juga memberikan nutrisi-nutrisi khusus seperti asam folat, vitamin, karbohidrat, protein, antioksidan, dan kalsium.

Pada zaman dahulu, almond merupakan bahan makanan berharga yang disajikan di dalam roti untuk raja mesir. Entah darimana mereka mengenal kacang almond, karena sudah ada dari nenek moyangnya terdahulu. Melalui penyebaran perdagangan di jalur sutra akhirnya sampailah kacang ini di daratan mediterania khususnya California dan Spanyol. Cuaca dingin dan sejuk yang ada di daerah tersebut membuat pohon almond dapat tumbuh subur.

Di Romawi, orang-orang menghujani pengantin baru dengan almond sebagai simbol kesuburan. Bahkan sampai saat ini di Amerika, sekantong almond diberikan sebagai bingkisan untuk tamu pernikahan sebagai simbol anugrah kebahagiaan, cinta, rejeki, dan kesehatan.

 

( Foto : Amoils )

 

Kandungan kacang almond yang kaya akan nutrisi sangat bermanfaat bagi kehamilan, di antaranya ;

 

  1. Asam Folat

Kehamilan memang sangat erat dengan asam folat. Bagaimana tidak, nutrisi inilah yang berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi, serta mengurangi risiko cacat pada tabung saraf bayi.

 

  1. Mineral

Kandungan mineral yang terdapat di dalam almond antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium :

  • Kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi janin serta memperkuat tulang sang ibu juga.
  • Zat besi di dalamnya juga bermanfaat dalam mengedarkan sari pati makanan di dalam tubuh, pembentukan plasenta, mengurangi risiko anemia, dan mengurangi risiko bayi kurang berat lahir.
  • Fosfor biasanya juga bisa didapatkan dari sumber makanan seafood, fungsinya untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin.
  • Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah dengan optimal, dan mengurangi gejala pembengkakan pada bagian-bagian tubuh ibu hamil.
  • Sodium mampu mencegah hipertensi pada ibu hamil.

 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi ibu hamil. Para ahli sepakat bahwa sepertiga makanan ibu hamil haruslah berupa karbohidrat. Kebutuhan ibu hamil atas karbohidrat berubah drastis dari biasanya hanya 300 kalori per hari menjadi 2.800 kalori. Karbohidrat bisa didapatkan dari sumber-sumber makanan antara lain nasi, roti, mie, kentang, ubi, ketela, sukun, talas, dan pisang.

 

  1. Protein

Protein dibentuk oleh asam amino, zat ini merupakan bahan penting dalam penyusunan organ-organ janin sejak awal masa kehamilan. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kebutuhan ibu hamil atas protein adalah 70 gram per hari.

 

  1. Vitamin

Kacang almond memiliki kandung vitamin A, B6, B12, D, E dan K. Seluruh vitamin tersebut sangat dibutuhkan dalam proses kehamilan. Keutamaan susu almond dari susu sapi adalah kandungan Vitamin E yang dimilikinya. Kandungan ini memberikan keuntungan pada kulit dan rambut bayi sehingga menjadi sehat dan lembut.

 

Dengan adanya media belanja online dan juga para agen yang menawarkan produknya melalui sosial media, para ibu hamil menjadi cukup mudah mendapatkan manfaat kandungan kacang almond. Terdapat berbagai bentuk pilihan susu almond. Ada yang berupa susu bubuk maupun susu cair. Beberapa produk susu almond untuk ibu hamil antara lain Almom, Alamon, Lactamond, dan masih banyak lagi merek susu almond bentuk cair.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *