Inilah Pertolongan untuk Menyembuhkan Patah Tulang Tangan dengan Cepat

By | October 13, 2018

Kecelakaan tidak bisa dihindarkan, bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja tanpa direncanakan. Banyak dampak yang dialami oleh seseorang akibat terjadinya kecelakaan, salah satunya adalah patah tulang bagian tangan. Hal ini tentu saja karena kesalahan menempatkan posisi ketika terjatuh, terpeleset ataupun yang lainnya. Umumnya patah tersebut terjadi pada bagian tulang ruas falang ataupun panjang. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan tulang menjadi patah, tetapi apapun itu yang paling penting cepat melakukan pengobatan secara tepat.

 Inilah Pertolongan untuk Menyembuhkan Patah Tulang Tangan dengan Cepat

Terjatuh, kecelakaan lalu lintas, cidera olahraga merupakan beberapa kegiatan yang bisa menjadi penyebab tulang seseorang patah. Orang yang mengalami patah pada bagian tulang secara spontan akan merasakan perbedaan, tetapi untuk rasa sakit akan muncul beberapa waktu setelahnya. Makanya terkadang orang yang tulangnya patah tidak mencari secara langsung. Sebelum terlambat, Anda harus mengenal gejala awal yang muncul terlebih dahulu seperti berikut:

  • Merasakan nyeri, memar dan bengkak seperti tidak pada normalnya.
  • Posisi jari ataupun tangan yang tidak normal.
  • Rasa sakit nyeri akan bertambah seiring waktu.
  • Gerakan yang sangat terbatas tidak seperti biasa.
  • Kesulitan untuk melakukan gerakan pada aktivitas tangan secara normal.

Tulang yang patah sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang perlu untuk Anda ketahui sebelum melakukan pengobatan. Bisa saja patah tulang yang dialami masih tergolong ringan dan tidak perlu untuk perawatan khusus. Sebelum tulang yang patah semakin parah, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk pertolongan pertama yaitu:

  1. Rasa nyeri atau sakit pada tangan dapat diatasi dengan cara mengompres menggunakan es batu yang dibalut dengan kain. Cara ini dapat meredakan bengkak ataupun rasa sakit, setelah itu istirahatkan tangan dari berbagai kegiatan.
  2. Membatasi gerakan secara umum juga merupakan salah satu panduan untuk pertolongan pertama. Hal ini tentunya menghindari tulang yang semakin geseh atau patah akibat gerakan yang dipaksakan.
  3. Jangan gunakan perhiasan ataupun aksesoris pada tangan, jadi seketika langsung lepaskan sebelum semua bagian tangan membengkak dan lebih sulit dilepaskan.
  4. Untuk pereda rasa nyeri Anda bisa mengkonsumsi beberapa obat, hal ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli. Jangan sembarangan konsumsi obat jika belum dianjurkan, hal itu meminimalisir kemungkinan dampak kesehatan tubuh lainnya.

 Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Nah, itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat tulang yang sudah patah tidak semakin parah lagi. Kalaupun harus dilakukan operasi pasti harus menunggu beberapa persyaratan terlebih dahulu, jadi tetap perlu adanya pertolongan pertama. Umumnya dokter akan menggunakan bantuan perban ataupun bidai untuk pasien patah tulang yang masih tergolong ringan. Umumnya pemeriksaan dilakukan secara rutin antara 1 sampai dengan 3 minggu. Sekian, semoga sedikit tips diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *