Jahe Obat Herbal Asma Dipercaya Turun Menurun dan Terbukti Menyembuhkan

By | October 21, 2016

Obat tradisional dengan bahan alami ternyata ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah asma. Salah satu alasan disarankan menggunakan obat herbal asma adalah karena tidak memberikan efek samping.

Meskipun saat ini teknologi obat sudah sangat modern namun tidak membuat obat tradisional dilupakan. Resep dan ramuan obat tradisional terkenal secara turun menurun. Tanpa kita sadari ternyata di lingkungan sekitar kita banyak sekali jenis bahan alami yang biasa dijadikan obat asma.  Salah satunya adalah tanaman jahe , lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Obat Asma dengan Jahe

Jahe terkenal karena rasanya yang hangat dan terkenal sebagai bahan rempah untuk membuat masakan dan minuman. Selain itu ternyata jahe bisa dijadikan bahan obat asma yang ampuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New Columbia University seperti yang dilansir oleh Newsmaxhealth, menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat alami yang membantu meringankan pengetatan di tabung bronchial yang terjadi saat asma kambuh. Akibatnya aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru menjadi terbatas.

Jahe bermanfaat bertindak sinergis dengan beta agonist untuk melebarkan paru-paru yang menyempit. Senyawa yang terkandung dia dalam jahe bisa melegakan gejala asma.

Baca juga: 5 Jenis Obat Herbal Diabetes Alami yang Terbukti Berkhasiat Menyembuhkan

Jahe membantu mengatasi masalah peradangan, penyakit asma itu sendiri disebabkan karena terjadi peradangan di bagian saluran nafas bagian bawah. Mengkonsumsi jahe bisa ditambahkan dengan bahan lainnya seperti madu. Selain menambah cita rasa jahe menjadi lebih manis, madu juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pernafasan.

Saat kandungan yang terdapat pada jahe menghentikan produksi lendir di saluran pernafasan dengan cara mengatasi peradangan maka madu bermanfaat mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Proses Membuat Obat Asma dari Jahe

Cara mengolah jahe menjadi obat asma sangat mudah yaitu:

  • Kupas dan cuci jahe.
  • Lalu tumbuh jahe sampai halus atau bisa juga dengan cara dipotong-potong.
  • Rebus tumbukan jahe atau potongan jahe dengan air hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, angkat dan diamkan sampai hangat.
  • Campurkan sari jahe yang sudah direbus dengan madu, lalu aduk hingga kedua bahan tercampur rata.

Selesai sudah cara membuat ramuan obat herbal asma dari jahe. Sangat mudah sekali bukan? Agar hasilnya maksimal minum secara sebelum tidur. Lakukan secara rutin sampai penyakit asma berangsur angsur sembuh.

Selain menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, ada juga pilihan bahan obat herbal asma lainnya seperti: minyak kayu putih. Rasa hangat pada kayu putih bias membantu meredakan sesak nafas. Caranya sangat mudah, ambil beberapa tetes minyak kayu putih lalu usapkan secara merata pada leher, punggung dan dada sebelum tidur. Minyak kayu putih memiliki kandungan dekongestan yang fungsinya memecah lendir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *