Jangan Anggap Remeh Penyakit Asam Urat

By | July 3, 2018

Penyakit asam urat merupakan sebuah bentuk lain dari penyakit arthritis yang memberikan efek pembengkakan, kemerahan, serta rasa sakit yang tiba-tiba hadir di sendi pada tubuh. Terkadang ada juga orang awam yang sering mengatakan penyakit ini dengan sebutan encok, tetapi sebenarnya tidak semuanya tepat.

Jangan Anggap Remeh Penyakit Asam Urat

Bagian yang sering diserang oleh asam urat yaitu jempol kaki, namun penyakit ini bisa mempengaruhi sendi lain yang ada pada kaki, contoh lutut, telapak kaki, pergelangan kaki, telapak kaki dan sebagainya. Namun asam urat juga kadang dialami di lengan, pergelangan tangan, siku. Selain itu tulang belakang bisa juga terserang penyakit asam urat. Walau penyakit ini bisa berubah jadi penyakit kronis, keadaan ini dapat disembuhkan dengan cara dicegah supaya tidak kambuh. Kondisi seperti ini bisa dikelola dengan cara merubah gaya hidup. Lebih baik diskusikan bersama dokter yang lebih mengerti.

Pada berbagai kasus penyakit asam urat kadang tidak memperlihatkan gejalanya ketika awal-awal. Justru gejala asam urat muncul saat penderita telah mengalami kondisi yang telah parah. Gejala yang biasanya terlihat yaitu nyeri sendi mendadak serta parah terjadinya sering pada pagi hari, sendi terlihat kemerahan, sendi lunak dan bengkak, rasa panas pada area sendi.

Gejala asam urat umumnya muncul dengan tiba-tiba, pastinya tidak bisa diprediksi, serta seringnya pada tengah malam. Hampir sebagian besar gejala ini Cuma terjadi kurang lebih beberapa jam ketika 1 hingga 2 hari. Tetapi pada kasus yang telah kronis, nyeri bagian sendi dapat berlangsung hingga lamanya berminggu-minggu. Apabila anda sedang mengalami hal ini, maka encok tersebut bisa terbilang parah. Selain itu ada juga yang merasakan encok sekitar 6-12 bulan, intensitasnyapun jug berbeda-beda pada setiap harinya. Keadaan sepert ini lumayan parah, serta jika anda mengalami seperti ini sebaiknya segera untuk periksakan ke dokter.

Ada beberapa obat tradisional yang mungkin bisa menjadi pilihan anda untuk mengatasi penyakit asam urat, seperti berikut ini:

  • Baking Soda

Sebuah asam urat yang lumayan tinggi serta terlihat mengendap pada sendi bakal menimbulkan suatu peradangan di sendi. Selain itu baking soda bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat dan pastinya sedikit mengurangi rasa sakit. Cara pembuatannya juga sangat mudah, hanya dengan mencampurkan baking soda setengah sendok pada segelas air, minum air ini sebanyak sehari empat kali, laksanakan dalam dua minggu.

  • Apple Cider Vinegar

Selain dikenal dapat mengatasi sakit kepala serta asam lambung, ternyata cuka apel juga dapat dipakai buat mengobati asam urat serta rematik. Cara pembuatannya hanya campurkan 1 sendok teh cuka sari apel bersama segelas air, minum sabanyak dua hingga tiga kali sehari.

Baca juga: Berbagai Obat Mengatasi Penyakit Anemia

Hanya beberapa contoh saja obat tradisional diatas, masih banyak lagi lainnya seperti jahe, jus lemon, madu hitam, dan sebagainya. Sekian semoga info diatas bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *